• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Awas, Akibat Kurang Tidur Membuatmu Tampak Tua dan Pelupa!

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Sering begadang? Hati-hati, kurang tidur bukan hanya menyebabkanmu menguap dan lelah di siang hari. Tapi bisa menurunkan angka harapan hidupmu. Yuk, peduli dengan mengenali akibat kurang tidur.

Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 8 jam setiap malamnya agar tubuh berfungsi dengan benar. Akibat kurang tidur, kerja otak dan hormon akan terganggu. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai hal berikut

Menjadi Pelupa dan Rentan Mengalami Kecelakaan

Kurang tidur mengganggu penyimpanan memori sehingga membuatmu cepat lupa - dokterbabe

Saat tidur, otak menggabungkan beragam informasi dari sel-sel saraf. Sehingga kamu dapat mengingat hal-hal yang telah terjadi dan dipelajari sebelumnya. Kurang tidur membuat kerja otak kurang optimal sehingga bisa menyebabkanmu mudah lupa.

Otak yang lelah juga menyebabkan proses kognitif tidak berjalan optimal. Hal ini menjadikanmu sulit memecahkan masalah, memahami sesuatu, dan berkonsentrasi.

Kurang tidur pun mengakibatkan pengiriman informasi tertunda. Sehingga koordinasi antara otak dan otot berkurang serta risiko kecelakaan akan meningkat.

Emosi Terganggu

akibat kurang tidur emosi terganggu

Kurang tidur juga menjadikanmu mudah marah dan cepat berganti suasana hati - dokterbabe

Kestabilan emosi berkaitan dengan kualitas tidur. Kurang tidur membuat suasana hatimu cepat berubah. Kamu menjadi cepat marah dan tidak sabar.

Bila hal ini berlangsung dalam jangka waktu lama. Gangguan psikis lain seperti paranoid, depresi dan keinginan untuk bunuh diri bisa terjadi.

Menurunkan Gairah Seks

kurang tidur menyebabkan turunnya gairah seks

Gairah seks baik pria maupun wanita dapat menurun saat kurang tidur - dokterbabe

Pria maupun wanita yang kurang tidur memiliki gairah juga keinginan berhubungan intim lebih rendah. Hal itu diperkirakan terjadi akibat kurangnya energi.

Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur seperti sleep apnea dapat mengganggu produksi hormon, termasuk testosteron. Di mana testosteron dapat diproduksi jika tubuh tidur minimal 3 jam tanpa gangguan.

Baca Juga : Awas, Akibat Kurang Tidur Membuatmu Tampak Tua dan Pelupa!

Masalah Kulit dan Pertumbuhan

masalah kulit dan pertumbuhan

Tidur tak cukup menjadikan kulitmu cepat keriput dan tampak tua - dokterbabe

Tidak cukup tidur dalam beberapa malam saja bisa membuat matamu bengkak dan kulitmu tampak pucat. Dan bila berlangsung lama, kondisi ini dapat menyebabkan lingkaran hitam, kerutan halus dan membuatmu tampak lesu.

Hal tersebut disebabkan karena rusaknya kolagen, yaitu protein yang melindungi kulitmu tetap elastis. Kerusakan ini terjadi akibat naiknya produksi hormon kortisol yang terjadi saat kamu kurang tidur.

Hormon lain yang terganggu akibat kurang tidur adalah hormon pertumbuhan. Hormon ini sangat penting terutama bagi anak dan remaja karena berfungsi membangun massa otot, memperbaiki sel dan jaringan, juga menguatkan tulang.

Kenaikan Berat Badan

kenaikan berat badan

Rasa lapar di malam hari dapat terjadi akibat kurang tidur sehingga picu berat badan naik - dokterbabe

Hormon ghrelin dan leptin dapat dipengaruhi oleh tidur. Kedua hormon ini adalah hormon pengatur nafsu makan. Di mana ghrelin mendorong rasa lapar dan leptin menekannya.

Kurang tidur meningkatkan produksi ghrelin dan menurunkan produksi leptin. Kondisi ini adalah alasan di balik rasa lapar tengah malammu saat begadang.

Bila berlangsung dalam jangka waktu lama, kurang tidur dapat memicu obesitas. Karena keinginan badan dalam mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi karbohidrat.

Meningkatan Risiko Berbagai Masalah Kesehatan Serius

akibat kurang tidur meningkatkan resiko beragam penyakit

Tidur tak cukup dapat menyebabkan berbagai penyakit serius hingga kematian - dokterbabe

Tubuh memproduksi sitokin saat tidur, yaitu salah satu zat pelindung tubuh dari virus dan bakteri. Kurang tidur dapat mengurangi produksi sitokin sehingga kamu rentan terhadap penyakit.

Kurang tidur yang terjadi dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, terutama masalah jantung. Mulai dari detak jantung yang tak beraturan, stroke, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung.

Selain itu, kurang tidur pun memicu tubuh melepaskan hormon insulin lebih banyak setelah kamu makan. Produksi insulin berlebih menyebabkan gula darah tak terkontrol sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga : 5 Cara Tidur Nyenyak Ini Efektif Bantu Tidur Kamu Lebih Berkualitas

Akibat kurang tidur kamu bisa menjadi cepat marah, tampak lesu, hingga berisiko menderita berbagai masalah kesehatan serius. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan orang yang kurang tidur dari 5 jam memiliki risiko kematian lebih tinggi.

Jadi? Tunggu apalagi, sayangilah tubuhmu dengan memberinya waktu istirahat yang cukup.

Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
25 May 2018
Waktu Tidur Saat Berpuasa Terasa Kurang? Coba 5 Tips Ini!
Annisa Trimirasti
Kebugaran
04 May 2018
5 Cara Tidur Nyenyak Ini Bantu Tidur Lebih Berkualitas
Tsalis Annisa
Wajah
29 Jan 2018
11 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Agar Tampak Muda!
Annisa Trimirasti
Kebugaran
20 Dec 2017
Hindari Sakit Badan Lewat Posisi Tidur yang Baik!
Maya Ligina
Kesehatan Bayi
20 Nov 2017
Kiat Memilih dan Menata Tempat Tidur Bayi Baru Lahir
Annisa Trimirasti
Kebugaran
30 Aug 2017
4 Manfaat Tidur Siang untuk Jiwa dan Ragamu
Rubby Meihardi
Konsul
LOADING ..