• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Bahaya Diet Ekstrem ini Dapat Mengancam Nyawamu

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Kamu mungkin pernah mendengar atau membaca jenis-jenis diet yang ada di sosial media. Banyak jenis diet menjanjikan penurunan berat badan dengan sangat cepat. Namun ternyata tak sedikit jenis diet tersebut tergolong ke dalam diet ekstrem.

Salah satu ciri diet ekstrem adalah banyak memicu pro dan kontra. Contoh yang cukup terkenal yaitu diet cacing pita. Diet tersebut dilakukan dengan memasukkan cacing pita ke dalam pencernaan.

Di awal kemunculannya, diet ini sempat memicu kontroversi. Namun kini diet tersebut tak lagi diperbolehkan oleh tenaga kesehatan. Selain karena berbahaya, prosedur diet ini juga akan memicu beragam penyakit.

 

Daripada terjatuh ke dalam pola diet yang salah, sebaiknya kamu memahami bagaimana suatu diet bisa disebut ekstrem. Berikut hal-hal yang perlu kamu pahami.

Apakah Kamu Melakukan Diet Ekstrem?

Sebelum melakukan diet, ada baiknya kamu memahami cara kerja dan efek samping dari diet tersebut. Pola diet yang salah dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan mengalami berbagai gangguan kesehatan.
Berikut tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang menjalani diet yang berlebihan:

bahaya-diet-ekstrem-dokterbabe.jpg

Salah satu tanda diet ekstrem yaitu menghilangkan satu atau lebih kelompok bahan makanan dari rencana diet - dokterbabe

Energi merosot tajam

Tanda ini menunjukkan asupan kalori sangat rendah, bahkan tidak mencukupi bagi tubuh untuk menjalankan fungsi mencerna makanan dengan baik. Ditambah lagi, diet ekstrem tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu.

Menghilangkan satu atau lebih kelompok bahan makanan

Satu bahan makanan tidak dapat memenuhi semua zat gizi yang tubuh butuhkan. Menghilangkan satu atau lebih bahan makanan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Sulit berhenti memikirkan diet dan berat badan

Setiap saat memikirkan diet dan berat badan menandakan bahwa diet kamu telah masuk ke tingkat yang berlebihan. Diet sehat seharusnya membuat pikiranmu menjadi lebih tenang dan positif.

Terus menerus menimbang berat badan

Kamu terus saja terobsesi untuk menimbang berat badan dan merasa gelisah saat berat tidak juga turun. Bahkan dalam sehari dapat menimbang lebih dari sekali. Hati-hati ini kamu sedang menjalani diet ekstrem.

Jika tanda-tanda ini muncul selama diet, sebaiknya kamu segera berhenti dan mencari diet lain. Sebab, kamu bisa saja terkena bahaya diet ekstrem yang mengancam jiwa.

Bahaya Diet Ekstrem yang Mengintai

bahaya-diet-ekstrem-dokterbabe.jpg

Bahaya diet ekstrem tak hanya memengaruhi kesehatan fisik namun juga psikis  - dokterbabe

Cepat atau lambat diet ekstrem akan memberikan efek negatif. Meskipun kamu berhasil menurunkan berat badan, namun efek samping berbahaya yang lain bisa saja muncul. Terlebih lagi bahaya diet ekstrem tidak hanya mengintai kesehatan fisik, namun juga psikologis.

Dampak fisik

Diet ekstrem akan berdampak buruk bagi sistem kerja tubuh dan memperlambat proses penguraian makanan. Ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai fungsinya.

Saat asupan kalori tidak tercukupi, tubuh akan berusaha mendapatkan energi dari sumber lain. Umumnya, energi akan diperoleh dari massa otot. Saat kamu menjalankan diet berlebihan, massa otot menurun tetapi lemak tak berkurang.

Gejala seperti pusing dan sakit kepala, terus menerus merasa kelelahan, gangguan saluran pencernaan, kerontokan pada rambut, hilangnya massa otot, mudah terkena infeksi hingga menstruasi tidak teratur mungkin muncul sebagai efek samping penurunan berat badan yang terlalu cepat.

Kamu juga dapat mengalami ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh (malnutrisi), berupa berat badan kurang atau terlalu kurus. Risiko lainnya yaitu penurunan diikuti peningkatan berat badan secara cepat (yo-yo effect).

Berbagai risiko penyakit berbahaya juga dapat saja meningkat. Batu ginjal, osteopenia, osteoporosis, masalah kesuburan, masalah pembuluh darah, dan penyakit jantung merupakan sebagian kecil risiko penyakit yang terjadi akibat diet ekstrem.

bahaya-diet-ekstrem-dokterbabe.jpg

Risiko malnutrisi muncul sebagai dampak dari diet ekstrem - dokterbabe

Dampak psikologi

Selain fisik, kesehatan mental dan hubungan sosial dapat terpengaruh oleh diet yang berlebihan. Perubahan emosi menjadi salah satu dampak yang mungkin terjadi. Terus menerus merasa khawatir pada berat badan dapat mengakibatkan stres. Dan stres merupakan faktor yang memicu berbagai penyakit.

Diet berlebihan juga dapat mengurangi waktu untuk bertemu teman dan keluarga. Ini karena konsentrasi terus berpusat pada aturan diet dan penurunan berat badan yang harus dilakukan. Pada akhirnya, diet ini menyebabkan perubahan suasana hati secara tiba-tiba (mood swing), kelelahan, dan gangguan emosional lainnya.

Untuk itu, kamu perlu waspada pada diet ekstrem yang populer dan dianggap efektif, sebab ada banyak jenis diet yang mungkin tidak kamu sadari termasuk ekstrem. Bukannya tubuh indah yang akan kamu peroleh, justru kamu berisiko terkena penyakit berbahaya.

Diet ekstrem dan membuat diri sendiri kelaparan bukanlah cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh berat badan ideal. Kamu bisa melakukan diet yang telah terbukti dapat menurunkan berat badan secara sehat.

Jika perlu, konsultasikan diet yang paling baik untuk kamu dengan tenaga kesehatan yang terpercaya ya!

 

Komentar
Artikel Terkait
Diet
22 Dec 2017
Diet Ketat Aman dan Ampuh? Temukan Jawabannya di Sini
Dedi Irawan
Diet
17 Sep 2017
Kenali Efek Signifikan Diet DASH Untuk Tubuh yang Ideal!
Lina Purwanti
Diet
04 Sep 2017
Diet Ornish, Solusi Tubuh Ideal dan Jantung Sehat
Cici Fakhrunnisa
Diet
23 Aug 2017
Diet Air Putih, Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan
Arief Tirtana
Diet
14 Feb 2018
9 Jenis Makanan untuk Diet yang Wajib Kamu Catat
Eka Aulia
Diet
12 Feb 2018
9 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung Naik!
Annisa Trimirasti
Diet
12 Feb 2018
8 Manfaat Beras Merah yang Jarang Diketahui!
Dewangga
Herba
30 Jan 2018
6 Cara Diet Alami dan Sehat Demi Tubuh Langsing Ideal
Tsalis Annisa
Diet
29 Jan 2018
8 Buah yang Cocok untuk Diet Sehat Alami
Theodora Arnes Putri P
Diet
31 Dec 2017
Bebas Stroke dengan Kacang dan Sayuran Penurun Kolesterol!
Annisa Trimirasti
Konsul
LOADING ..