• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

7 Bahaya Makan Gorengan Ini Bisa Mengancam Kesehatan Kamu

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Kenikmatan gorengan menyimpan ragam bahaya untuk kesehatanmu. Mulai dari mengancam berat badan, hingga nyawamu.

Makan gorengan memang paling nikmat. Apalagi jika masih hangat-hangatnya, dimakan dengan cabai atau cocolan sambal, dua-duanya sama nikmat. Tapi, diam-diam dibalik kenikmatannya ternyata gorengan menyimpan segudang zat berbahaya untuk tubuh. Yuk simak 7 bahaya makan gorengan yang bisa mengancam kesehatanmu.

1. Gorengan dan Diabetes

bahaya makan gorengan bisa mengancam kesehatanmu

Meski gurih, gorengan bisa sebabkan diabetes tipe 2 - dokterbabe

Siapa bilang makanan gurih tidak bisa membuat kamu jadi diabetes? Penelitian menunjukkan bahwa rajin makan gorengan dapat meningkatkan seseorang terkena diabetes tipe 2. Hal tersebut juga berlaku jika kamu hanya makan gorengan seminggu sekali. Duh, seram ya!

2. Gorengan dan Penyakit Jantung

bahaya makan gorengan bisa terkena penyakit jantung

Makan gorengan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung - dokterbabe

Tidak hanya menyebabkan penyakit diabetes tipe 2, penelitian juga menunjukkan bahwa makan gorengan juga bisa meningkatkn risiko kamu terkena penyakit jantung. Hayo, sudah berapa gorengan yang kamu makan hari ini?

3. Gorengan dan Osteoarthritis

bahaya makan gorengan ternyata bisa menyebabkan osteoarthritis

Makan gorengan bisa menyebakan peradangan sendi - dokterbabe

Bahaya gorengan selanjutnya yang bikin ngeri adalah meningkatnya risiko seseorang terserang osteoarthritis pada bagian lutut. Osteoarthritis sendiri merupakan kondisi di mana terjadi kartilago yang hilang pada sendi, hingga terjadi kerusakan dan peradangan.

4. Gorengan dan Kolesterol

bahaya makan gorengan bagi tubuh

Gorengan membuat kolesterol jahat meningkat - dokterbabe

Makan gorengan ternyata tidak kalah mengerikannya dengan makan daging merah! Pasalnya ternyata makan gorengan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dan menurunkan kadar kolesterol baik. Kamu tidak mau kolesterol di usia muda, kan?

5. Gorengan dan Gagal Jantung

bahaya makan gorengan bisa terkena gagal jantung

Rajin makan gorengan bisa tingkatkan risiko meninggal karena gagal jantung - dokterbabe

Penelitian menunjukkan bahwa semakin rajin seseorang makan gorengan setiap minggunya, semakin tinggi risiko orang tersebut untuk mengalami gagal jantung. Duh, mengerikan ya! Bayangkan, hanya makan sekali dalam seminggu saja bisa meningkatkan risiko gagal jantung hampir 20 persen! Bagaimana jika kamu makan lebih sering dari itu? Seminggu penuh kamu rajin makan gorengan, maka risiko kamu terkena gagal jantung bisa meningkat hampir 70 persen!

6. Gorengan dan Meningkatnya Berat Badan

bahaya makan gorengan bisa mmebuat seseorang menjadi kegemukan

Kalori yang tinggi dalam gorengan bisa meningkatkan risiko obesitas - dokterbabe

Jika kamu ingin punya berat badan yang ideal, sebaiknya kamu lupakan dan tinggalkan gorengan jauh-jauh. Guna mendapatkan berat badan yang ideal kamu perlu menyeimbangkan kalori yang masuk dan kalori yang dibakar. Selain itu kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi kalori lebih dari jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh (1800 kalori untuk wanita, 2400 kalori untuk pria). Nah, kenapa kamu perlu lupakan gorengan? Karena 1 gorengan yang kamu makan mengandung setidaknya 200 kalori. Dan, untuk membakar 200 kalori setidaknya kamu butuh berlari selama kurang lebih 30 menit. Bayangkan jika kamu makan lebih dari itu.

7. Gorengan dan Kanker Usus

bahaya makan gorengan bisa menyebabkan kanker usus

Paling mengerikan, gorengan bisa tingkatkan risiko kanker usus - dokterbabe

Bahaya makan gorengan yang satu ini juga tidak kalah mengerikannya. Pasalnya pada makanan yang digoreng, terlebih lagi dengan suhu yang tinggi, maka akan memicu zat yang bermutasi. Zat inilah yang dapat meningkatkan kanker usus di kemudian hari. Itulah kenapa rajin konsumsi makanan yang digoreng sangat berbahaya untukmu.

Deretan bahaya makan gorengan di atas sudah bikin kamu ngeri? Masih banyak lagi bahaya makan gorengan lainnya loh. Makan gorengan juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat, sembelit, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau disebut juga dengan penyakit asam lambung kronis.

Nah itulah beberapa bahaya banyak makan gorengan yang perlu kamu ketahui dan ingat baik-baik. Makan gorengan memang nikmat. Tapi jika kamu rajin mengonsumsinya dan tidak diseimbangi dengan makan makanan sehat serta olahraga, maka kesehatan kamu ancamannya. Kamu pasti tidak mau meninggal muda karena akrab dengan gorengan kan?

Begini Caranya Terhindar dari Bahaya Makan Gorengan

cara menghindari bahaya makan gorengan

Hindari makan gorengan dan mulai pola hidup sehat - dokterbabe

Bahaya makan gorengan di atas bikin kamu ngeri dan ingin berhenti makan gorengan? Guna menghindari beberapa bahaya yang disebebabkan oleh gorengan, cobalah beberapa cara untuk mengalihkan pikiranmu. Misalnya dengan mulai melakukan kegiatan yang sehat seperti olahraga, mulai pikirkan apa konsekuensinya jika kamu tergiur dengan nikmatnya gorengan, dan apa hadiah yang akan kamu dapatkan jika kamu tidak mengonsumsi gorengan. Seperti berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara seperti berdiskusi dengan dirimu sendiri. Mengapa kamu ingin mengonsumsi gorengan? Apa jadinya jika kamu mengonsumsi gorengan? Selain itu, menunda makan gorengan juga bisa membuat kamu berhenti menginginkannya.

Meski nikmat, jangan sampai kamu tergiur oleh gorengan ya. Mulailah menyayangi dirimu sejak dari sekarang seperti merubah pola makan sehat, dan rajin olahraga. Agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Komentar
Artikel Terkait
Diet
29 Dec 2017
Jangan Kalap, 5 Makanan Tahun Baru Ini Bisa Mengancam Kesehatan!
Annisa Trimirasti
Diet
30 Oct 2017
Bahaya Makan Seblak Ternyata Dipengaruhi 4 Hal Ini
Ayu Winarni Lanjani
Diet
13 Oct 2017
Bahaya Makan Mie Instan dan Cara Aman Mengonsumsinya
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
22 Dec 2017
Bunda, Waspadai Kelainan Jantung Bawaan pada Janin
Dedi Irawan
Pengobatan
09 Dec 2017
Cara Mengatasi Penyakit Jantung, Penyebab Kematian No.1 di Dunia!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
09 Dec 2017
6 Penyakit di Balik Pembengkakan Jantung!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
08 Dec 2017
Tetap Aktif Meski dengan Penyakit Jantung Bawaan
Maya Ligina
Pengobatan
02 Dec 2017
Tanpa Menyiksa, Begini Cara Menurunkan Gula Darah
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
01 Dec 2017
Macam-macam Penyakit Jantung, Jangan Sampai Salah Mengidentifikasi
Dedi Irawan
Konsul
LOADING ..