• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

8 Buah yang Cocok untuk Diet Sehat Alami

Diverifikasi oleh dr. Graciela

Untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat. Tak hanya berolahraga secara teratur, memerhatikan bagaimana kamu mengatur menu diet juga merupakan poin yang sangat penting.

Diet menjadi gaya hidup yang diterapkan oleh banyak orang. Tapi terkadang untuk menerapkan pola diet yang tepat kita tidak tahu seperti apa sayur dan buah yang cocok untuk diet.

Ragam Pilihan Buah-buahan Untuk Diet

ragam pilihan menu buah untuk diet

Cobalah variasikan jenis buah-buahan yang Anda konsumsi selama menjalani diet - dokterbabe

Salah satu kunci pencapaian diet yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah dianggap mampu membantu mencapai target diet yang diinginkan. Tidak hanya itu, buah juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit kronis lainnya.

Diet dengan banyak mengkonsumsi buah tentu mendatangkan banyak keuntungan. Banyak jenis buah yang mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Belum lagi kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan.

Nah, untuk mengetahui buah yang cocok untuk diet, berikut ini adalah deretan buah yang perlu kamu ketahui agar diet mu berjalan dengan lancar.

1. Semangka

daftar buah yang cocok untuk diet

Semangka adalah buah yang cocok untuk diet dan dapat mencegah dehiderasi - dokterbabe

Buah yang pertama adalah semangka. Buah ini mengandung air yang banyak dan memiliki kalori yang rendah. Oleh karena itu sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Semangka juga menghindarkan kita dari dehidrasi, sebagaimana yang kita tahu saat menjalankan program diet kita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Namun, saat kita mendapatkan asupan dari buah ini, tubuh kita bisa bekerja dengan optimal.

2. Blueberry

buah yang cocok untuk diet dengan cara alami

Blueberry dan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori - dokterbabe

Kamu sudah tahu buah blueberry? Nah sebenarnya semua jenis berry memang baik untuk dijadikan menu di dalam diet. Tapi Si Kecil blueberry adalah pilihan yang paling baik. Kurang lebih 83 kalori ditemukan dalam semangkuk blueberry.

Nutrisi yang dikandung membantu melawan lemak dengan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori secara efisien. Belum lagi kandungan serat yang tinggi, membantu menjaga perut kita tetap kenyang.

Baca Juga : Anti Lapar dengan Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

3. Pir

pir adalah buah yang cocok untuk diet

Pir kaya akan serat dan dipercata mampu menekan nafsu makan - dokterbabe

Buah selanjutnya adalah buah pir. Buah ini tinggi akan serat dan dipercaya mampu menekan nafsu makan. Belum lagi nutrisi yang terdapat pada buah pir mampu mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner.

4. Apel

apel jadi salah satu buah yang cocok untuk diet

Selain cocok untuk diet, apel juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker - dokterbabe

Buah selanjutnya adalah apel, buah yang satu ini dianggap cocok untuk menunjang program diet kalian. Kandungan kalori yang rendah pada apel, sehingga apel dapat dijadikan salah satu sumber buah terbaik untuk kebutuhan serat harian.

Selain itu, apel dapat membantu mengurangi risiko kanker serta meningkatkan kesehatan jantung. Buah apel juga membantu dalam menyeimbangkan gula darah dan memberikan energi yang cukup untuk tubuh.

5. Jeruk Bali

cobain buah yang cocok untuk diet yang satu ini

Jeruk bali mengandung enzim yang dapat membantu pembakaran lemak - dokterbabe

Konsumsi setengah dari jeruk bali sebelum makan dapat membantu penurunan berat badan. Itulah sebabnya jeruk bali cocok dimasukan ke dalam daftar menu diet kalian.

Jeruk bali sarat dengan air, ditambah lagi kandungan enzim pembakar lemak sehingga dapat dikategorikannya sebagai buah yang cocok untuk diet.

6. Pisang

pisang buah yang cocok untuk diet

Pisang dapat membuatmu kenyang lebih lama dan meningkatkan metabolisme - dokterbabe

Pilihlah pisang berukuran sedang dan memiliki warna kulit sedikit hijau. Buah pisang ini dapat meningkatkan metabolisme, perut pun terasa kenyang lebih lama. Pisang adalah pilihan yang cocok untuk meningkatkan energi, membantu mencegah kram otot dan mengatur tekanan darah.

Konsultasi DokterBabe

"Dok, banyak orang masih bingung makan buah terbaik itu setelah makanan berat atau sebelumnya? Apa ada juga efek bahayanya?"

Jawaban Dokter

7. Alpukat

buah yang cocok untuk diet

Alpukat mengandung lemak yang baik untuk tubuh yang juga diperlukan saat menjalani diet - dokterbabe

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak yang baik untuk tubuh. Meskipun kamu ingin menurunkan berat badan, tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Untuk itu, alpukat dapat menjadi pilihan yang tepat dibandingkan mengonsumsi daging.

Menurut sebuah studi, alpukat baik dikonsumsi juga bersamaan dengan salad sayuran. Konsumsi keduanya bersamaan dapat membantu proses penyerapan nutrien dalam sayur. Selain mengandung lemak, alpukat juga mengandung senyawa folat, kalium, vitamin K, C, dan E.

8. Anggur

buah yang cocok untuk diet

Anggur juga mengandung senyawa asam linolenat yang dapat membantu menurunkan efek penuaan - dokterbabe

Anggur dapat menjadi buah lain yang kamu konsumsi selama melakukan diet. Anggur merupakan buah yang kaya akan senyawa polifenol. Senyawa ini dikenal dapat memberikan efek antioksidan dan melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas.

Selain mengandung polifenol, buah anggur juga mengandung vitamin K dan serat. Tak hanya bisa dijadikan pilihan menu diet, penelitian juga menunjukkan bahwa anggur mengandung senyawa resveratrol dan asam linolenat yang dapat menurunkan efek penuaan.

Baca Juga: Diet Buah, Bermanfaat atau Berbahaya? Ini Jawabannya

Itulah beberapa buah yang cocok untuk diterapkan dalam program dietmu. Sekarang sudah tau kan daftar buah yang cocok untuk diet? Jangan sampai salah pilih ya. Karena ada beberapa buah yang juga mengandung lemak.

Selain fokus pada program diet, kita juga harus membiasakan menjalankan pola hidup sehat yang juga harus diimbangi dengan berolahraga yang teratur. Agar kalori yang masuk dapat seimbang dengan kalori yang dibakar.

Komentar
Artikel Terkait
Diet
28 Jul 2017
Diet Buah, Bermanfaat atau Berbahaya? Ini Jawabannya
Tsalis Annisa
Diet
19 Apr 2018
Pahami Bahaya Diet Ketogenik Sebelum Kamu Mencobanya
Lenny Tan
Diet
08 Jun 2018
Kenali Manfaat Diet Nordik dan Cara Tepat Menjalaninya
Diah Ayu Lestari
Diet
06 Jun 2018
Diet Puasa Berjeda demi Tubuh Ramping Tanpa Tersiksa
Diah Ayu Lestari
Herba
20 Mar 2018
12 Cara Diet Alami yang Mudah Diterapkan Setiap Hari
Tsalis Annisa
Kesehatan Ibu
11 Oct 2017
7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Patut Disimak!
Annisa Trimirasti
Konsul
LOADING ..