• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Begini Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Uban tak hanya ditemukan pada lansia. Perubahan warna rambut menjadi abu-abu di usia muda ternyata mungkin terjadi. Jika terus didiamkan dan dicabut, bisa-bisa kepala menjadi botak! Apakah ada cara menghilangkan uban selain mencabutnya?

Uban di usia muda atau disebut juga premature grey hair bukan hal yang langka. Ini dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya, rambut beruban banyak ditemukan pada orang tua berusia 50 tahun ke atas. Tetapi pada kasus ini, uban sudah muncul meski baru memasuki usia 20 tahun. 

Mengapa Sudah Beruban di Usia Muda?

rambut beruban di usia muda

Beruban di usia muda jarang menandakan adanya masalah kesehatan - dokterbabe

Saat sel yang memproduksi warna pada rambut berhenti, warna rambut akan memudar sehingga muncullah uban. Namun proses ini seharusnya terjadi ketika usia seseorang yang tidak lagi muda.

Sebagian orang menganggap bahwa stres bertanggung jawab pada perubahan ini. Namun pernyataan tersebut masih menjadi perdebatan dalam dunia medis dan kebenarannya diragukan.

Saat menemukan uban di kepala, mungkin kamu khawatir adanya masalah kesehatan. Munculnya uban di usia muda dapat disebabkan oleh adanya penyakit pada kelenjar pituitari, khususnya tiroid, atau terjadi kekurangan vitamin B12. Tetapi ini jarang terjadi.

Penyakit lain yang sering dihubungkan dengan adanya uban pada usia muda yaitu risiko menurunnya kepadatan tulang di masa mendatang. Namun, tak perlu khawatir hal tersebut belum terbukti benar. 

Kemunculan uban ini dipercaya berhubungan erat dengan gen. Sebagian besar kasus tidak menunjukkan adanya keterkaitan uban dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga : Di Balik Terjadinya Rambut Rontok Berlebihan pada Pria

Bagaimana Cara Menghilangkan Uban?

Cara terbaik untuk menghilangkan uban yang muncul di usia muda adalah dengan mengetahui penyebab kemunculannya. Meski jarang berkaitan dengan masalah kesehatan, risiko dan kemungkinan ini tetap ada.

Konsultasikan dan bicarakan dengan dokter untuk mengetahui status kesehatanmu. Apabila uban diakibatkan oleh penyakit tiroid atau kekurangan vitamin B12, penyakit tersebut harus ditangani dulu agar uban bisa hilang.

Jika tidak terdapat masalah medis apapun, mungkin kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut:

Warnai Si Rambut Abu-Abu

cara menghilangkan uban

Salah satu cara mudah menghilangkan uban adalah dengan mewarnai rambut, uban pun tidak terlihat lagi - dokterbabe

Mewarnai rambut merupakan cara cepat dan efektif untuk menghilangkan uban. Beragam pilihan juga tersedia. Jika tidak ingin cat yang permanen, cobalah spray-on airbrush hair makeup. Namun hasilnya akan hilang begitu rambut dicuci.

Ada juga cara lain yang dapat bertahan lebih lama, yaitu pewarnaan semi permanen. Ini cocok dilakukan apabila uban baru saja muncul dan jumlahnya sedikit.

Lalu, bagaimana jika uban sudah banyak? Pewarnaan permanen dapat diaplikasikan pada uban, khususnya jika uban telah menyebar sebanyak 50 persen pada rambutmu.

Cegah Uban Makin Banyak di Usia Muda

cegah uban tumbuh

Kurangi paparan panas dari alat kecantikan pada rambut agar uban tidak semakin banyak - dokterbabe

Apabila tumbuhnya uban baru memasuki awal kemunculan, mungkin kamu bisa mencegahnya agar tidak makin banyak. Cara terbaik dalam pencegahan diantaranya mengurangi styling rambut.

Disarankan tidak menggunakan bahan kimia yang keras pada rambut. Menghindari paparan panas secara langsung juga bisa diterapkan, baik dari alat kecantikan maupun sinar matahari.

Uban pada usia muda menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar orang, terutama dampaknya yang mengurangi penampilan dan daya tarik. Mengenali penyebab uban akan membantumu dalam mengatasinya.

Baca Juga : Kenali Ragam Alergi Cat Rambut dan Cara Mengatasinya

Ketika menentukan cara menghilangkan uban, misalnya dengan pewarnaan, sebaiknya pastikan terlebih dulu komposisi bahan yang digunakan aman bagi rambut. Perhatikan jenis-jenis senyawa kimia yang tertera pada kemasan.

Menggunakan bahan pewarna secara sembarangan bukannya menghilangkan uban, tapi malah membuat rambutmu bertambah rusak! Jika kamu ragu, tanyakanlah pada dokter, pewarna seperti apa yang efektif untukmu.

Komentar
Artikel Terkait
Rambut
20 Dec 2017
Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat
Dedi Irawan
Rambut
20 Dec 2017
Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat
Dedi Irawan
Rambut
12 Jan 2018
5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!
Maya Ligina
Rambut
04 Jan 2018
Cara Melebatkan Rambut Belum Berhasil Juga? Saatnya Cek Produk yang Dipakai!
Dedi Irawan
Rambut
04 Jan 2018
Rawat Rambutmu dengan Racikan Masker Rambut Lidah Buaya
Asa Citra
Rambut
30 Dec 2017
Kembalikan Kilau Mahkotamu dengan Cara Merawat Rambut Kering Ini
Asa Citra
Rambut
20 Dec 2017
Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat
Dedi Irawan
Rambut
14 Dec 2017
Tidak Ada Obat Penumbuh Rambut yang Ajaib, Semua Ada Aturannya
Dedi Irawan
Konsul
LOADING ..