• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Jauhi Maut dengan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Diverifikasi oleh dr. Bayu

Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan di dunia dengan 17,7 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Karenanya, kamu perlu tahu cara menjaga kesehatan jantung berikut agar terhindar dari penyakit ini.

Sebagai organ pemompa darah, jantung bekerja 24 jam tanpa henti. Kerusakan pada jantung akan membuat aliran darah yang membawa oksigen juga nutrisi ke setiap sel tubuh terganggu. Kondisi ini bisa menyebabkan ragam penyakit lain hingga kematian.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara menjaga kesehatan jantung di bawah ini agar umur panjang dan hidup sehat.

Memperhatikan Berat Badan dan Terapkan Pola Makan Sehat

memperhatikan berat badan

Diet rendah garam dan lemak dapat menjadi cara menjaga kesehatan jantung - dokterbabe

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu, coba jaga berat badan pada rentang ideal. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menerapkan pola makan sehat seperti berikut.

  • Perbanyak konsumsi serat yang bisa didapat dari biji-bijian, oat, kentang dengan kulit, buah, juga sayur. Jenis-jenis makanan ini juga merupakan sumber mineral.
  • Konsumsi ikan paling tidak dua kali seminggu. Sebaiknya, konsumsi ikan-ikan yang kaya akan asam omega-3, karena memiliki efek baik untuk jantung. Contohnya seperti sarden, tuna, makerel dan salmon bisa kamu coba.
  • Batasi asupan garam tidak lebih dari 1 sendok teh (6 gram) per hari untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal, yakni 120/80mmHg. Kadar garam tinggi banyak ditemukan pada makanan kemasan dan siap santap.
  • Kurangi asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung coroner akibat meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Lemak ini banyak ditemukan dalam daging berlemak dan produk susu full cream.
  • Hindari konsumsi lemak trans karena meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Lemak ini banyak dipakai untuk mempertahankan rasa juga tekstur pada makanan ringan dan kemasan, margarin, juga sajian goreng siap saji.
  • Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 minuman per hari untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

"Dapatkan jantung sehat dengan menjauhi konsumsi sajian cepat saji serta tidur selama 7 hingga 8 jam per hari."

Sebagai saran, selalu perhatikan label bahan makanan sebelum membelinya. Di mana lemak trans biasanya ditulis sebagai partially hydrogenated oils dan makanan disebut tinggi garam saat mengandung lebih dari 1,5 gram garam per 100 gram sajian.

Cukup Tidur

cara menjaga kesehatan jantung dengan tidur yang cukup

Cobalah untuk tidur selama 7 hingga 8 jam per hari sebagai cara menjaga kesehatan jantung - dokterbabe

Tidur adalah kegiatan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Di mana kurang tidur meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung meskipun telah menerapkan kebiasaan sehat lain.

Pasalnya, kurang tidur akan mengganggu proses biologis tubuh termasuk pada tekanan darah dan inflamasi. Oleh karena itu atur waktu tidurmu, di mana orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam per hari.

Bila kamu kesulitan untuk tidur, menderita insomnia atau gangguan tidur lain, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Berhenti Menjadi Perokok Aktif ataupun Pasif

berhenti merokok aktif atau pasif

Menjadi perokok aktif maupun pasif dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung - dokterbabe

Merokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Jadi, berhentilah merokok! Disebutkan bahwa risiko menderita penyakit jantung koroner dapat turun hingga 50% setelah berhenti merokok selama 1 tahun.

Rokok di sini bukan hanya rokok konvensional namun juga rokok elektrik. Di mana rokok jenis ini juga mengandung bahan kimia berbahaya seperti nikotin.

Tak hanya berhenti merokok, tetapi menjauhlah juga dari orang yang sedang merokok. Karena, paparan asap rokok terkait dengan 3400 kematian dini akibat penyakit jantung dan 7300 kanker paru-paru setiap tahunnya.

Dengan menjadi perokok pasif,risiko terkena penyakit jantung pun meningkat menjadi 25% hingga 30%.Selain itu, bila perokok pasif menderita kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, risiko pun dapat meningkat.

Baca Juga : Panjang Umur dengan Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Rajin Berolahraga

cara menjaga kesehatan jantung dengan rajin berolahraga

Berolahraga meski ringan juga dapat menjadi cara menjaga kesehatan jantung - dokterbabe

Menerapkan gaya hidup aktif dengan rajin bergerak juga berolahraga dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit jantung. Kamu bisa mencoba berolahraga selama 5 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari nya.

Jenis olahraga apapun dapat kamu lakukan, misalnya senam aerobik, bersepeda ataupun berjalan kaki. Yang terpenting adalah kegiatan tersebut membuatmu bergerak juga mengeluarkan keringat.

Tak hanya baik untuk jantung, berolahraga juga membantu mengatasi stres dan memperbaiki suasana hati. Kedua kondisi yang baik untuk kesehatan mentalmu.

Melakukan Cek Tekanan Darah Berkala

melakukan cek tekanan darah

Selalu lakukan cek tekanan darah secara berkala agar kondisi kesehatan terpantau - dokterbabe

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak lapisan dinding pembuluh darah dan membentuk jaringan parut pada proses penyembuhannya.

Kondisi ini pun membuat jantung bekerja lebih keras, karena darah dan oksigen menjadi sulit didapat oleh sel-sel tubuh. Oleh sebab itu, untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkala.

Disarankan, bila kamu berusia 18 sampai 39 tahun, lakukanlah cek tekanan darah setiap 3 hingga 5 tahun sekali. Setelah berusia lebih dari 40 tahun, atau menderita tekanan darah tinggi, lakukan pengecekan tekanan darah setiap tahun.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Jantung, Penyebab Kematian No.1 di Dunia!

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Karenanya perlu dijaga agar tetap dapat berfungsi optimal. Cara menjaga kesehatan jantung tentu saja dengan menerapkan hidup sehat, yang meliputi rajin berolahraga, tidur cukup, juga pola makan kaya serat.

Jadi, tunggu apalagi, dapatkan umur panjang dengan pola hidup sehat untuk jantungmu!

Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
20 Nov 2017
Jauhi Pikun dengan Cara Meningkatkan Daya Ingat Ini!
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
25 May 2018
Jauhi Dehidrasi Saat Puasa dengan 4 Tips Praktis Ini!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
24 Nov 2017
Jangan Sampai Salah Mengenali Gejala Jantung Koroner
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
22 Dec 2017
Bunda, Waspadai Kelainan Jantung Bawaan pada Janin
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
09 Dec 2017
6 Penyakit di Balik Pembengkakan Jantung!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
28 Dec 2017
Bisa Berujung Fatal, Inilah Penyebab dan Jenis Jantung Bocor
Dedi Irawan
Konsul
LOADING ..