• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Lokasi
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Diet Golongan Darah B Lebih Rumit, Ini Alasannya …

Diverifikasi oleh Zaky Afdika

Ketika hendak melakukan diet golongan darah B, ada beberapa perbedaan signifikan dibanding dengan tipe darah lainnya. Yang harus diperhatikan pula, ternyata diet jenis ini tidak disarankan untuk penderita penyakit tertentu.

Pola makan yang disesuaikan dengan golongan darah diklaim membantu seseorang menyimpan sedikit lemak serta mampu melawan dan menghindari penyakit dengan lebih baik. Dengan demikian, kesesuaian makanan dengan DNA akan membuat seseorang tampil lebih sehat secara keseluruhan. Untuk pemilik darah B, makanan yang dikonsumsi harus lebih bervariasi daripada pemiliki tipe lain mengingat nenek moyang mereka yang pengembara.

Makanan yang dikonsumsi oleh pemilik golongan darah B sebaiknya berbeda dengan mereka yang memiliki tipe A atau O. Sebab, makanan yang dikonsumsi umumnya memiliki protein bernama lektin. Protein ini kemudian akan bereaksi dengan darah. Ternyata, lektin kemungkinan lebih mudah bereaksi dengan golongan darah ini. Artinya, antara makanan hewani dan nabati diharapkan dikonsumsi secara seimbang.

Makanan Pilihan untuk Diet Golongan Darah B

diet golongan darah dokterbabe

Daging merupakan menu yang disarankan untuk pemilik golongan darah B - dokterbabe

Untuk melakukan diet berdasarkan golongan darah, pemilik golongan darah B sebaiknya mengonsumsi makanan di bawah ini:

  • Daging

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, daging yang direkomendasikan bagi pemilik darah B adalah domba muda, kelinci, dan ikan. Untuk ayam, babi, dan bebek sebaiknya dihindari mesku kalkun masih bisa dikonsumsi. Selain itu, makanan laut seperti udang, kerang, lobster, dan kepiting. Untuk daging sapi, golongan darah ini bisa mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

  • Buah dan sayuran

Siapapun tahu bahwa sayur dan buah merupakan elemen penting bagi tubuh. Kedua bahan ini memasok vitamin dan mineral penting yang digunakan untuk menunjang kesehatan tubuh. Untuk buah-buahan, hampir semua bisa dikonsumsi kecuali kelapa dan buah delima. Sementara untuk sayuran, golongan darah ini sebaiknya tidak mengonsumsi jagung, tomat, alpukat, dan labu.

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan

Untuk pemilik golongan darah B, jenis biji-bijian yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah beras dan oatmeal. Sementara itu, lentil dan gandum serta makanan berbasis gandum seperti roti dan pasta tidak disarankan. Kacang-kacangan yang sebaiknya dihindari adalah kacang garbanzo dan kacang hitam. 

  • Produk olahan susu dan bumbu

Jika melakukan diet golongan darah B, hampir semua makanan berbasis susu bisa dikonsumsi. Hanya saja, keju biru dan keju Amerika sebaiknya dihindari. Adapun bumbu yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah saus tomat dan lada.

  • Minuman

Beberapa minuman tertentu sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pemilik golongan darah B. Minuman tersebut antara lain yang berasal dari sulingan alkohol seperti brendi, wiksi, gin, rum, dan vodka.

Perhatikan Ini Jika Melakukan Diet Golongan Darah B

diet golongan darah b harus memerhatikan hal ini

Menu diet golongan darah B ini tidak disaran oleh mereka dengan kondisi kesehatan tertentu - dokterbabe

Meski diet berdasarkan golongan darah diklaim disesuaikan dengan DNA bawaan manusia, namun ternyata banyak kontroversi yang menyertainya. Salah satunya adalah jika pelaku diet memiliki penyakit kronis seperti diabetes. Pada sebagian penderita diabetes pola makan yang disarankan mungkin harus diet tinggi protein.

Sementara penderita lainnya mungkin disarankan untuk menghindari makanan berbasis susu olahan dan daging ayam. Selain itu, penderita diabetes tidak disarankan untuk menghilangkan asupan kelompok makanan utama secara keseluruhan.

Selain itu, diet berbasis tipe darah yang dimiliki seseorang dianggap gagal untuk mengatasi kondisi lain seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau kolesterol. Sisi positifnya, tujuan akhir diet ini adalah penurunan berat badan yang baik bagi penderita berbagai kondisi di atas.

Alih-alih hanya memperhatikan golongan darah, membatasi asupan lemak dan garam dianggap lebih bermanfaat bagi penderita penyakit di atas.

Daripada hanya berfokus pada diet golongan darah B dan tipe lainnya, para ahli lebih menekankan untuk mengimbangi pola makan seimbang dengan olahraga. Waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga adalah 2,5 jam setiap minggu untuk latihan aerobik. Sementara untuk latihan kekuatan, waktu yang disarankan adalah 2 hari setiap minggu.

Komentar
Artikel Terkait
Diet
21 Nov 2017
Atasi Sembelit hingga Diabetes, Ini 6 Manfaat Buah Strawberry!
Annisa Trimirasti
Hidup Sehat
15 Nov 2017
Kebenaran Di Balik Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
Maya Ligina
Diet
11 Nov 2017
5 Makanan Penyebab Darah Tinggi Ini Ternyata Sering Dikonsumsi!
Annisa Trimirasti
Diet
07 Nov 2017
Wajib Tahu, Ini Makanan Untuk Penderita Asam Lambung Naik!
Annisa Trimirasti
Diet
06 Nov 2017
Fokus dengan 6 Minuman dan Makanan untuk Penderita Darah Rendah!
Annisa Trimirasti
Hidup Sehat
03 Nov 2017
Bahaya Diet Ekstrem ini Dapat Mengancam Nyawamu
Maya Ligina
Konsul
LOADING ..