• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

7 Fakta Ilmiah Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Diverifikasi oleh dr. Bayu

Saat ini adalah era di mana banyak orang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain melalui program diet dan olahraga teratur, penggunaan terapi herbal atau obat tradisional juga telah banyak dijadikan pilihan.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali tanaman dan rempah-rempah yang bisa digunakan untuk pengobatan. Meskipun penggunaannya masih diperdebatkan dari segi medis, tetapi terapi dengan rempah bukanlah hal yang sepenuhnya harus anda hindari.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

fakta ilmiah manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

Terdapat lima manfaat daun salam untuk kesehatan yang sudah diteliti para ahli - dokterbabe

Salah satu contoh rempah kaya manfaat adalah daun salam. Daun salam dikenal juga dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum (Wight) Walp. Para ahli telah banyak meneliti manfaat daun salam untuk kesehatan. Berikut gambaran ringkas mengenai kajian ilmiah terkait manfaat tersebut:

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Terdapat penelitian yang telah melakukan uji efek penurunan kadar gula darah dari rempah ini. Flavonoid, glikosida dan squalene adalah tiga jenis senyawa yang berperan besar dalam memberikan efek tersebut.

Daun salam dapat menurunkan glukosa darah karena mampu menghambat penyerapan glukosa dalam usus dan meningkatkan proses penyimpanan glukosa dalam otot.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian mampu membuktikan khasiat penurunan tekanan darah karena konsumsi daun salam. Khasiat tersebut dapat muncul disebabkan oleh adanya hambatan pada aktivitas enzim dan mampu menimbulkan efek penurunan detak jantung (bradikardia).

Kecepatan detak jantung erat kaitannya dengan tekanan darah. Oleh karena itu, daun salam dapat digunakan dalam pengobatan hipertensi.

Baca Juga: Hipertensi? Yuk, Santap Ragam Makanan Penurun Darah Tinggi

3. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa fenolat dan flavonoid di dalam minyak daun salam mampu menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan menghentikan pertumbuhan sel lebih lanjut.

4. Menangkal Racun dan Radikal Bebas

Daun salam yang dikenal dengan nama latin Syzygium polyanthum ini ternyata mengandung berbagai senyawa antioksidan. Penelitian membuktikannya dengan pengujian langsung terhadap senyawa-senyawa radikal bebas.

Daun salam terbukti mampu bereaksi dengan radikal bebas dan melindungi sel tubuh agar tidak mengalami reaksi berbahaya dengan senyawa radikal bebas tersebut. 

5. Mengurangi Perkembangan Infeksi Bakteri dan Jamur

Kandungan senyawa flavonoid, terpenoid, vitamin C, vitamin E dan asam fenolat dalam daun salam diduga dapat menurunkan infeksi bakteri dan jamur.

Sebuah penelitian menguji daun salam terhadap beberapa jenis mikroba. Hasil menunjukkan bahwa daun salam mampu menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella thypi dan jamur Candida albicans penyebab candidiasis.

Baca Juga: Infeksi Jamur Pada Mulut

6. Membantu menangani diare

Daun salam banyak digunakan di Indonesia untuk menangani diare. Meskipun belum terdapat penelitian yang memadai terkait efek ini, sifat antibakteri dan kandungan senyawa tanin dianggap sebagai alasannya.

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan adanya senyawa fenol pada daun salam yang memiliki efek antidiare kuat, yaitu senyawa tanin. Hasil uji terhadap larutan daun salam juga menunjukkan adanya aktivitas melawan bakteri penyebab diare seperti Escherichia coli.

7. Mengurangi pembentukan plak pada gigi

Manfaat lain tanaman ini yang masih perlu digali lebih dalam adalah mengurangi pembentukan plak pada gigi. Efek tersebut diduga berasal dari senyawa tanin, flavonoid, dan berbagai jenis minyak yang terkandung pada daun salam.

Sebuah studi memperkuat manfaat ini dengan menunjukkan percobaan air hasil rebusan daun salam yang ternyata dapat mengurangi pembentukan plak pada gigi.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Salam?

cara mendapatkan manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

Konsumsi rebusan daun salam dapat dijadikan sebagai pengobatan tambahan - dokterbabe

Setelah mengetahui manfaat daun salam untuk kesehatan, kamu perlu mengetahui cara tepat menggunakan daun salam agar efek yang ditimbulkan lebih maksimal.

Coba olah daun salam dengan merebus 15 lembar daun salam pada tiga gelas air. Didihkan hingga air berkurang menjadi satu gelas. Konsumsi air rebusan daun salam tersebut setiap malam hari.

Sebagaimana obat tradisional lainnya, penggunaan daun salam tidak dapat dijadikan penentu kesembuhan dari suatu penyakit. Kelebihan penggunaan herbal adalah efek sampingnya terhadap tubuh yang jauh lebih sedikit.

Konsultasi Dokterbabe

"Dok...! Apa benar kutu jepang bisa mengobati segala macam penyakit terutama diabetes? Dan kalau ada efek sampingnya tolong di jelaskan? Thank's"

Jawaban Dokter

Sedangkan kekurangannya, terapi herbal membutuhkan rentang waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan obat kimia.

Konsumsi daun salam sebaiknya dijadikan sebagai pengobatan tambahan. Apabila anda sedang mengonsumsi obat tertentu seperti obat antidiabetes atau antihipertensi, komunikasikan dengan dokter mengenai jumlah serta jeda waktu konsumsi obat yang diperbolehkan.

Baca Juga: Bukan Hanya Bumbu, Ini Dia Manfaat Jahe Untuk Kesehatan!

Hal-hal yang perlu anda perhatikan, konsumsi berlebihan dari ekstrak daun salam dapat membuat anda mengantuk. Selain itu, penggunaan dengan jumlah yang terlalu banyak pada ibu hamil atau menyusui belum terbukti aman secara ilmiah.

Selalu bijak dan cerdas dalam menggunakan herbal sebagai bagian pengobatan ya. Jika bisa dikombinasikan dengan tepat, pengobatanmu mungkin berjalan lebih optimal dan minim efek samping.

Komentar
Artikel Terkait
Herba
25 Apr 2018
7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Fakta Ilmiahnya
Faridatus Saidah
Herba
24 May 2018
5 Manfaat Daun Ubi Jalar, Si Hijau Kaya Vitamin
Diah Ayu Lestari
Herba
29 Apr 2018
7 Manfaat Daun Katuk dan Efek Sampingnya
Dedi Irawan
Kebugaran
03 Jun 2018
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh dan Cara Mengolahnya
Vivi Hermin
Kebugaran
22 Dec 2017
Tubuh dan Pencernaan Sehat Lewat Manfaat Daun Seledri
Maya Ligina
Kebugaran
13 May 2018
6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuhmu
Vivi Hermin
Konsul
LOADING ..