• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Menarik, Ini 8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuhmu!

Diverifikasi oleh dr. Bayu

Puasa adalah menghindari makan atau minum dengan sengaja selama dalam periode waktu tertentu. Praktik puasa telah dilakukan berabad-abad baik karena alasan religius ataupun program diet. Sedangkan dari sisi ilmiah, adakah manfaat puasa bagi kesehatan?

Jenis puasa yang paling umum dilakukan di Indonesia adalah puasa di bulan Ramadan. Meski begitu, studi kesehatan akan efek puasa ini masih sangat bervariasi, tergantung durasi, cuaca pada bulan puasa terjadi, juga kondisi orang yang berpuasa.

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa bisa menurunkan berat badan - dokterbabe

Dampak puasa Ramadan pada tubuh secara spesifik mungkin belum diketahui. Meski begitu, puasa secara umum bisa memberikan manfaat sehat sebagai berikut:

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang berdiet, puasa bisa menguntungkan. Pasalnya, setelah tidak lagi mendapat energi dari makanan, tubuh akan menggunakan simpanan glukosa dari otot dan hati. Hal ini umumnya terjadi 8 jam setelah saat terakhir makan.

Bila simpanan glukosa habis, lemak akan jadi sumber energi selanjutnya. Kondisi ini menguntungkan bagi kamu yang ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Puasa juga memengaruhi fungsi hormon tubuh, seperti insulin, norepinephrine, dan hormon pertumbuhan. Dalam jangka pendek, puasa meningkatkan kecepatan metabolisme yang membantumu membakar lebih banyak kalori.

Meski begitu, tetap perhatikan menu saat sahur dan berbuka. Bila kamu makan tak terkontrol saat jeda antar puasa, bisa-bisa berat badan justru naik. Jangan lupakan tujuan utama berpuasa, yaitu kontrol diri.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Penelitian menunjukkan bahwa ada perbaikan jangka pendek pada total kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah selama berpuasa. Kondisi ini menjadikan puasa baik untuk kesehatan jantungmu.

manfaat puasa untuk menurunkan kolesterol

Puasa bisa membuatmu merasa lebih sehat dan bahagia - dokterbabe

Detoksifikasi Tubuh

Selama berpuasa, tubuh melakukan proses detoksifikasi. Pasalnya, racun yang tersimpan dalam lemak larut dan dikeluarkan dari tubuh.

Tak hanya itu, setelah beberapa hari berpuasa, kadar endorfin dalam darah dapat meningkat. Endorfin adalah hormon yang membuatmu merasa lebih sehat dan segar.

Baca Juga: 4 Tips Puasa Saat Menyusui Bantu Bunda Tetap Sehat

Regenerasi Sel Imun Tubuh

Puasa juga bermanfaat untuk kekebalan tubuhmu. Pasalnya, kelaparan memaksa tubuh menyimpan energi. Salah satu cara membuat penggunaan energi lebih efisien adalah mendaur ulang sel imun dengan membuang sel-sel yang rusak.

Manfaat ini juga telah dibuktikan pada pasien kanker. Pasalnya, pasien yang berpuasa 3 hari sebelum kemoterapi memiliki risiko lebih rendah mengalami kerusakan sistem imun. Efek serupa juga terjadi pada puasa Ramadan meski hanya dalam jangka pendek.

manfaat puasa untuk meregenerasi sel imun

Puasa bisa membuatmu panjang umur - dokterbabe

Menambah Angka Harapan Hidup

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa puasa dapat memperpanjang angka harapan hidup berkat manfaat regenerasi sel imun.

Meski pada manusia hal ini belum diuji, potensi terjadinya tetap ada. Pasalnya, puasa disebut dapat mengubah beberapa molekul gen yang terkait dengan umur panjang serta melindungi tubuh dari ragam penyakit.

Baik untuk Otak

Puasa disebut dapat mengurangi stres oksidatif, menurunkan kadar gula darah, inflamasi sekaligus resistensi insulin. Kondisi ini dapat memicu pertumbuhan sel saraf baru yang baik untuk fungsi otak.

Studi lain juga menyebutkan bahwa puasa dapat melindungi otak akibat stroke dan meningkatkan kadar hormon brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Kekurangan hormon ini terkait dengan ragam gangguan otak juga depresi.

puasa untuk menurunkan diabetes

Puasa bisa menurunkan risiko diabetes - dokterbabe

Melindungi Tubuh dari Ragam Penyakit

Puasa memicu sel tubuh melakukan autophagy. Autophagy adalah proses fisiologis normal yang berhubungan dengan penghancuran sel-sel tubuh.

Pada proses ini, tubuh akan membuang sel-sel dan protein rusak yang sudah menumpuk. Kegiatan ini membuat dapat melindungi tubuh dari mengalami penurunan risiko ragam penyakit termasuk Alzheimer dan kanker.

Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Puasa dapat menurunkan kadar gula darah serta resistensi insulin sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Pasalnya, diabetes adalah kondisi di mana kadar gula dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia) dan dapat terjadi karena resistensi insulin.

Puasa juga mungkin berdampak baik pada pasien diabetes. Pasalnya, studi menyebutkan asupan total lemak dan kolesterol turun selama berpuasa pada pasien diabetes.

Meski begitu, pilihan menu makan, jadwal suntik insulin dan konsultasi dengan tenaga medis perlu diperhatikan oleh pasien. Ahli gizi menyarankan pasien diabetes membatasi asupan lemak dan karbohidrat saat berbuka dan menyantap karbohidrat kompleks saat sahur.

Selain ragam kegunaan puasa di atas, puasa juga dinilai dapat memperlambat proses penuaan sekaligus meningkatkan hormon testosteron tubuh.

kurmadanteh.jpg

Kamu perlu memilih sajian buka dengan tepat agar puasa bermanfaat - dokterbabe

Manfaat puasa bagi kesehatan ternyata sangat banyak, mulai dari menurunkan gula darah, kolesterol jahat, hingga meregenerasi sel imun tubuh. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan agar hasil-hasil di atas lebih akurat untuk memperkuat dugaan manfaat puasa bagi kesehatan.

Baca Juga: Tips Puasa untuk Penderita Diabetes, Agar Gula Darah Terjaga

Pasalnya, pada banyak kasus, kondisi kesehatan juga serta berat badan dapat kembali seperti semula setelah berhenti berpuasa, terutama untuk puasa Ramadan. Banyak orang kembali ke gaya hidup lamanya setelah lebaran sehingga manfaat puasa seperti sia-sia.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap menerapkan pola makan sehat dan seimbang serta rajin berolahraga meski bulan puasa telah usai. Tubuh dan pikiran yang sehat dimulai dari kebiasaan sehari-harimu!

Komentar
Artikel Terkait
Herba
21 May 2018
6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Saat Berbuka Puasa
Diah Ayu Lestari
Kebugaran
19 May 2018
Ide Jenis Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa
Vivi Hermin
Diet
24 May 2018
6 Ragam Menu Sehat untuk Buka Puasa yang Bisa Disajikan
Vivi Hermin
Diet
24 May 2018
Mitos dan Fakta Makanan Manis untuk Buka Puasa
Venny Firstyani
Diet
25 May 2018
Resep Mudah Makanan Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa
Vivi Hermin
Diet
08 Feb 2018
5 Manfaat Konsumsi Tahu Untuk Kesehatan Tubuhmu!
Eka Aulia
Konsul
LOADING ..