• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Manfaat Renang Bagi Tubuh, Sehat Tanpa Keringat!

Diverifikasi oleh dr. Bayu

Ingin berolahraga yang punya beragam manfaat tapi enggan berkeringat? Cobalah berenang! Setelah membaca manfaat renang bagi tubuh berikut, kamu akan menyadari inilah olahraga yang tepat untukmu.

Termasuk dalam jenis olahraga aerobik, berenang dapat dilakukan dalam 5 gaya, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung.

Bila satu atau lebih gaya tersebut dilakukan dengan dengan benar, deretan manfaatnya di bawah ini akan kamu dapatkan.

Menggerakkan Seluruh Bagian Tubuh

manfaat renang bagi tubuh

Manfaat renang bagi tubuh adalah menggerakkan semua bagian tubuh - dokterbabe

Untuk tetap bergerak di dalam air, kamu perlu memberi dorongan perlawanan. Karena hal tersebut, berenang membuat hampir seluruh otot tubuhmu, dari kepala hingga kaki, termasuk otot tungkai, lengan, punggung juga pinggul, ikut bergerak.

Hal ini juga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, serta massa otot. Sebuah studi dilakukan uji pada seorang pria untuk mengikuti program renang selama 8 minggu. Hasilnya, pria tersebut mengalami peningkatan massa otot sebanyak 23,8% pada otot trisep (otot lengan atas bagian belakang).

Meski studi tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, renang tetap menjadi pilihan olahraga untuk menguatkan sekaligus membentuk otot tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat renang bagi tubuh untuk menurunkan berat badan

Bisa menurunkan berat badan termasuk manfaat renang bagi tubuh - dokterbabe

Renang termasuk olahraga yang membakar banyak kalori, yaitu sekitar 500 hingga 650 kalori per jam. Jumlah kalori yang dibakar ini tergantung pada seberapa cepat dan efisien kamu berenang.

Sebagai perbandingan, orang seberat 72 kg melakukan 3 olahraga berbeda yaitu yoga, berjalan dengan kecepatan 5km/jam dan berenang dengan kecepatan lambat. Ketiga olahraga ini dilakukan dalam durasi waktu yang sama yaitu 60 menit.

Jumlah kalori yang dibakar secara berturut-turut adalah 183, 314, dan 423 kalori per jam. Bila berenang lebih cepat, kamu bahkan bisa membakar 715 kalori atau lebih.

Cocok Untuk Beragam Kondisi Kesehatan

cocok untuk beragam kondisi kesehatan

Berenang bisa bermanfaat positif untuk penderita asma - dokterbabe

Renang juga bermanfaat untuk beberapa kondisi kesehatan seperti athritis dan asma. Pada penderita arthritis olahraga ini bisa membantu mengurangi nyeri sendi.

Sedangkan untuk penderita asma, olahraga yang melatih pernapasan seperti berenang dapat menjadi pilihan yang tepat. Di mana, berenang dapat mengontrol pernapasan sekaligus meningkatkan kapasitas paru.

Namun, kandungan bahan kimia seperti klorin dalam kolam renang mungkin bisa mengganggu penderita asma. Oleh sebab itu, alangkah baiknya mendiskusikan rencana olahraga renang dengan dokter terlebih dahulu.

Kemudian, berenang juga disebut baik untuk penderita diabetes dan kolesterol tinggi. Pasalnya, rutin melakukan olahraga ini dapat membantu menjaga gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Baca Juga : Hindari Trauma Otot dengan Tips Pemanasan Sebelum Olahraga!

Sesuai untuk Segala Usia dan Kondisi

manfaat berenang bagi ibu hamil

Bisa dilakukan oleh ibu hamil dan di segala usia termasuk manfaat renang bagi tubuh - dokterbabe

Berenang dapat dilakukan mulai dari usia anak-anak hingga usia lanjut. Olahraga ini bahkan bermanfaat untuk ibu hamil, hingga atlet yang cedera.Pada wanita yang berenang selama masa awal hingga tengah usia kehamilan, memiliki risiko lebih kecil untuk melahirkan bayi cacat atau prematur.

Namun, tetap lakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga ini. Terdapat beberapa wanita yang mungkin mengalami kondisi tertentu selama masa kehamilannya.

Pada atlet yang mengalami cedera, terutama pada bagian tangan dan kaki, mereka biasanya disarankan untuk berenang agar kebugarannya tetap terjaga.

Bahkan saat sedang menjalani pengobatan, berenang dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Hal tersebut dikarenakan daya lawan air membuat otot bekerja tanpa menyebabkannya tegang seperti kegiatan lain.

Membantu Mengatasi Stres dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

mengatasi stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Tidur menjadi lebih nyenyak dapat menjadi manfaat renang bagi tubuh - dokterbabe

Secara umum, berolahraga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini juga berlaku pada olahraga renang.

Selain itu, renang bahkan dapat membantu menurunkan tingkat stres. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dari 44 orang dengan perasaan depresi, hanya 8 orang yang tetap merasakan hal serupa setelah berenang.

Baca Juga : Bahagia dan Sehat dengan Manfaat Olahraga Air

Setelah membantumu memperbaiki suasana hati juga meredakan stres, renang akan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. Beberapa bahkan melaporkan dengan rutin berenang, kualitas hidupnya dapat semakin meningkat.

Ternyata, renang memiliki beragam manfaat bagi tubuh, mulai dari membentuk otot hingga bisa mengurangi risiko bayi lahir prematur. Jadi, tunggu apalagi? Ayo berenang!

Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
02 May 2018
9 Penyebab Keringat Dingin Ini Mungkin Tidak Kamu Tahu
Annisa Trimirasti
Pengobatan
11 Jan 2018
4 Cara Mengatasi Keringat Berlebih yang Mengganggu
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
23 Dec 2017
Hati-hati, Ragam Penyakit Bisa Jadi Penyebab Keringat Berlebihan!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
22 Oct 2017
4 Penyebab Bau Badan yang Tak terduga
Arif Gunawan
Kebugaran
28 Apr 2018
5 Minuman Sehat untuk Tubuh Bebas Penyakit
Diah Ayu Lestari
Diet
06 Apr 2018
Teliti Lagi 4 Manfaat Susu Kedelai Beserta Efek Sampingnya!
Maya Ligina
Konsul
LOADING ..