• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Tubuh Lebih Rileks dengan Manfaat Sauna Berikut

Diverifikasi oleh dr. Graciela

Sauna adalah mandi uap panas dengan kelembaban rendah dalam ruangan tertutup. Sauna telah dilakukan sejak beribu tahun lalu dan dikenal bermanfaat untuk kesehatan terutama jantung. Kenali ragam manfaat sauna dan cara aman melakukannya.

Suhu dalam ruang sauna bervariasi mulai dari dari 60 sampai 100 derajat celcius dengan kadar kelembaban 10 hingga 20 persen. Saat masuk dalam ruangan dengan suhu hangat atau panas, kulit akan segera berusaha menyeimbangkan suhu dengan berkeringat, sedangkan organ tubuh bagian dalam membutukan waktu lebih lama untuk merespon.

Setelah temperatur tubuh berubah, jantung akan bereaksi menaikkan denyut nadi dan pembuluh darah pun melebar. Detak jantung saat bersauna bisa naik hingga 30 persen atau lebih dan hal ini disebut menimbulkan banyak manfaat.

Manfaat Sauna

manfaat sauna

Sauna menjadikan seseorang rileks dan meredakan sakit di persendian - dokterbabe

Relaksasi

Seiring dengan melebarnya pembuluh darah, sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga otot-otot tubuh termasuk pada wajah dan leher menjadi lebih rileks. Saat terkena panas berlebih, kelenjar endokrin menjadi lebih aktif. Sehingga membuat otot menjadi lebih rileks, dan suasana hati menjadi lebih baik.

Manfaat ini dapat lebih maksimal bila ditambah dengan meditasi sehingga dapat mengurangi stres dan rasa gelisah serta menjadikan tidur lebih nyenyak.

Redakan Rasa Sakit Pada Sendi

Lancarnya aliran darah juga mengurangi ketegangan pada sendi sehingga rasa sakit mereda. Sauna dapat membantu meringankan gejala penyakit persendian seperti arthritis dan rematik. Penelitian menyebutkan rasa sakit pada penderita berkurang setelah melakukan sauna selama 1 bulan.

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Saat melakukan sauna, detak jantung dapat naik hingga 100 kali per menit atau 150 kali per menit. Kondisi tersebut mirip berolahraga sehingga dipercaya baik untuk sistem kardiovaskular.

Kemudian kondisi di mana pembuluh darah endothelial rileks dan melebar memiliki kaitan erat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti stroke dan jantung koroner.

Baca Juga : 5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh!

Beberapa orang percaya sauna menghilangkan racun dari tubuh. Namun hal ini belum dapat dipastikan, dimana tujuan utama sauna adalah berkeringat dan belum ada bukti tentang keringat berperan dalam detoksifikasi tubuh yang selama ini dilakukan oleh hati dan ginjal.

Sauna juga tidak disarankan menjadi cara utama kamu dalam berdiet karena sauna hanya menurunkan berat badan dengan mengurangi jumlah air dalam tubuh, dan bukan lemak. Gaya hidup sehat dan rutin berolahraga tetap menjadi cara diet terbaik.

Sedangkan isu sauna menyebabkan impotensi, hal itu perlu penelitian lebih lanjut. Naiknya temperatur skrotum memang dapat mengurangi produksi sperma, namun belum ada penelitiaan yang membuktikan bahwa sauna secara teratur sebabkan impotensi.

Kenali Cara Aman Melakukan Sauna

cara aman melakukan sauna

Minum air sebelum dan setelah sauna agar tetap terhidrasi - dokterbabe

Semua kegiatan termasuk bersauna punya tata caranya masing-masing. Selain mencari sauna yang tidak terlalu panas, yaitu yang memiliki suhu ruangan sekitar 60 derajat celcius. Berikut adalah cara aman lakukan kegiatan ini agar kamu mendapat manfaat sauna optimal:

Minum Air Sebelumnya

Sebelum sauna, disarankan untuk minum air 2 hingga 4 gelas agar tetap terhidrasi. Orang normal biasa mengeluarkan sekitar 500mL keringat selama bersauna. Terlalu lama berada dalam ruangan panas dapat menyebabkan dehidrasi atau kurangnya cairan sehingga durasi yang disarankan untuk sauna adalah 15 menit bagi pemula dan 30 menit bagi kamu yang sudah sering melakukannya.

Namun bila kamu merasa pusing, sakit kepala atau sangat haus segerlah keluar. Dehidrasi parah membutuhkan penanganan medis dan bisa menyebabkan komplikasi mulai dari kejang, pingsan hingga gagal ginjal akut.

Minum Air Setelahnya

Setelah keluar dari ruangan sauna, segera minum air untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang. Elektrolit seperti sodium, kalium, magnesium, dan kalsium yang ada dalam keringat penting agar sistem tubuh berjalan dengan baik. Pilihan air dingin sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan perubahan kondisi mendadak (stres) pada sistem sirkulasi tubuh.

Lepaskan Semua Benda yang Terbuat dari Logam

Logam adalah konduktor (penghantar panas) sehingga temperaturnya mudah naik dan dapat terbakar yang dapat berakibat iritasi atau luka. Jadi, lepaskan semua bahan yang terbuat dari logam seperti perhiasan (anting, kalung, gelang). Serta beberapa benda lain seperti, lensa kontak, dan kacamata sebelum masuk dalam ruang sauna.

Berada dalam Kondisi Sehat

Penderita atau seseorang dengan riwayat sakit jantung, ginjal, tekanan darah rendah, asma (atau gangguan pernapasan lain), hamil, epilepsi dan mudah pingsan sebaiknya menghindari kegiatan terpapar panas ini atau boleh menjalankannya dengan izin dokter.

Hindari Konsumsi Alkohol Sebelum Bersauna

Alkohol mengandung zat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan air bahkan dalam kondisi dehidrasi. Minum alkohol sebelum sauna dapat mengakibatkan kurangnya cairan pada tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Baca Juga : Gerakan Senam Aerobik yang Efektif Menurunkan Berat Badanmu

Sauna memiliki berbagai manfaat mulai dari relaksasi hingga jantung sehat. Namun, salah langkah dalam melakukan sauna dapat menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh. Ikuti tata cara tepat guna menjamin keselamatan sehingga semua manfaat sauna dapat dirasakan secara maksimal.

Komentar
Artikel Terkait
Kulit
11 Nov 2017
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
Herba
02 Sep 2017
7 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Otak dan Kesehatan Tubuh
Dalilla Uzma
Herba
29 Apr 2018
7 Manfaat Daun Katuk dan Efek Sampingnya
Dedi Irawan
Kebugaran
21 Apr 2018
Manfaat Buah Naga Merah dan Kandungan Nutrisi Untuk Tubuh
Vivi Hermin
Gangguan Kesehatan
24 Aug 2017
4 Manfaat Terapi Urine dan Fakta Sebenarnya
Dedi Irawan
Wajah
07 Mar 2018
7 Manfaat Masker Madu untuk Kulit dan Rambut Indahmu!
Annisa Trimirasti
Konsul
LOADING ..