• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Lokasi
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Berbagai Manfaat Yoghurt untuk Diet yang Perlu Kamu Ketahui

Agar tetap sehat, menjaga berat badan tetap ideal mutlak dilakukan. Selain rutin berolahraga, menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi lengkap harus dilakukan. Sayur dan buah-buahan adalah menu wajib sehari-hari. Tidak lupa dilengkapi dengan produk susu, baik susu segar ataupun yang sudah diolah, seperti yoghurt. Yoghurt yang merupakan hasil fermentasi susu telah terkenal sebagai salah satu makanan sehat dan padat nutrisi. Namun tahukah kamu mengenai manfaat yoghurt untuk diet?

manfaat yoghurt untuk diet

Konsumsi yoghurt tiga kali seminggu bisa menghilangkan lemak tubuh hingga 61 persen lebih banyak - dokterbabe

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat yoghurt untuk diet. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh sebuah instansi pendidikan terkemuka, seseorang yang mengonsumsi yoghurt lebih dari tiga kali seminggu memiliki peluang menurunkan berat badan sebanyak 22 persen dan menghilangkan lemak tubuh 61 persen lebih besar dibandingkan orang lain yang diet khusus mengurangi jumlah kalori saja.

Pada tahun yang sama, sebuah penelitian lain menyatakan bahwa memasukkan yoghurt ke dalam menu harian dapat menghasilkan penurunan berat badan hingga 33 persen lebih banyak dan pengurangan lemak tubuh 60 persen lebih banyak dibandingkan dengan hanya mengontrol diet.

Sebuah jurnal kesehatan internasional turut menguatkan hal ini dengan menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi yoghurt lebih dari tiga kali seminggu akan mengalami penambahan berat badan yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi kurang dari sekali dalam seminggu.

Lalu, Apa Rahasia di Balik Berbagai Manfaat Yoghurt Tersebut?

manfaat yoghurt untuk diet alami

Kandungan kalsium di dalam yoghurt menjadikan tulang kuat dan mendukung pencegahan cedera tulang - dokterbabe

Yoghurt termasuk ke dalam produk olahan susu, namun proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus menjadikan yoghurt memiliki keunikan tersendiri. Berbagai kandungan gizi pada yoghurt, seperti protein, riboflavin, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, kalium, zinc, dan magnesium lebih terkonsentrat sebanyak 20-100 persen jika dibandingkan susu.

Selain itu, keasaman pada yoghurt meningkatkan ketersediaan hayati kalsium, zinc, dan magnesium sehingga lebih mudah terserap oleh tubuh. Sebagai tambahan, yoghurt mudah dicerna oleh tubuh termasuk bagi penderita intoleransi laktosa karena bakteri pada yoghurt justru membantu menguraikan laktosa di dalam susu.

Kalsium dan protein memiliki peranan yang besar di dalam yoghurt. Kalsium penting untuk menambah kepadatan tulang dan mencegah terjadinya fraktur (retak/patah) pada tulang. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada yoghurt juga yang membantu meningkatkan penguraian lemak di dalam tubuh dan menjaga metabolisme tubuh yang optimal.

Kandungan protein pada yoghurt diperlukan untuk membentuk massa otot dan mendukung pembentukan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai bonus, kandungan protein yang tinggi dari yoghurt dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mencegah kita mengonsumsi camilan yang tinggi gula dan rendah nutrisi.

Bagaimana Menentukan Produk Yoghurt yang Bermanfaat di Pasaran?

manfaat yoghurt untuk diet yang sehat

Terdapat berbagai jenis yoghurt yang dijual di pasaran. Sesuaikan komposisinya dengan kebutuhan tubuhmu - dokterbabe

Tersedia berbagai varian yoghurt di pasaran, ada yang berasal dari susu sapi, susu kambing atau susu kedelai. Mulai dari yoghurt plain hingga yoghurt dengan berbagai perisa buah-buahan. Selain itu, ada juga frozen yoghurt yang tidak mengandung bakteri hidup di dalamnya dan yoghurt Yunani (Greek yogurt) yang sedang naik daun.

Sedangkan berdasarkan kandungan lemaknya, terdapat yoghurt dengan kandungan lemak, yoghurt low-fat yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit, dan yoghurt bebas lemak yang tidak mengandung lemak.

Dengan banyaknya varian yoghurt di pasaran, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih yoghurt sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh.

Pertama, pilihlah yoghurt plain dengan kandungan lemak rendah (low-fat). Yoghurt dengan varian rasa memiliki nilai kalori yang lebih tinggi, begitu pula dengan yoghurt dengan kandungan lemak. Yoghurt bebas lemak kurang baik karena tubuh kita juga memerlukan lemak dalam jumlah tertentu.

Kemudian, pilihlah yoghurt yang mengandung bakteri hidup. Umumnya bakteri yang ditambahkan adalah jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles meskipun terdapat strain bakteri lain yang dapat ditambahkan ke dalam yoghurt.

Bakteri hidup ini merupakan bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, bakteri baik di dalam usus juga berperan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt plain rendah lemak memang merupakan pilihan yang terbaik, namun tentu saja akan bosan bila tidak divariasikan. Untuk menambah rasa pada yoghurt dapat ditambahkan satu sendok madu atau dicampur dengan buah segar. Berikut beberapa variasi penyajian yoghurt yang bisa ditambahkan ke dalam program dietmu.

manfaat yoghurt untuk diet yang bagus untuk  tubuhmu

Yoghurt bisa dimanfaatkan menjadi bagian dari diet sebagai sarapan yang menyehatkan - dokterbabe

Sebagai camilan di pagi hari, campurkan 200 mL yoghurt dengan ½ mangkuk buah segar favoritmu dan granola.

  • Ganti dressing saladmu dengan yoghurt rendah lemak. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi lebih banyak kalori dan menambah ekstra nutrisi.
  • Yoghurt smoothies yang dibuat dengan mencampurkan buah segar bisa menjadi camilan yang sehat sekaligus mengenyangkan.
  • Tambahkan sedikit serbuk kayu manis pada semangkuk yoghurt untuk memberikan rasa rempah yang unik. Kayu manis juga bermanfaat membantu menurunkan berat badan.

Ternyata banyak sekali manfaat yoghurt untuk diet sehari-hari. Yoghurt mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, mudah ditemukan di mana saja dan bisa divariasikan dengan berbagai macam kreasi kesukaan sendiri. Selain itu, kandungan kalori yang rendah, namun padat nutrisi, menjadikan yoghurt sebagai pilihan yang tepat untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal. So, tunggu apa lagi? Minum yoghurt sekarang juga dan rasakan manfaat yoghurt untuk diet kamu!

Komentar
Artikel Terkait
Diet
14 Sep 2017
Yuk, Cari Tahu Cara Menguruskan Badan dengan Diet Telur
Veronica
Diet
13 Oct 2017
Pahami Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuhmu!
Dewangga
Diet
13 Oct 2017
Kamu Harus Tahu Makanan untuk Penderita Kolesterol
Dewangga
Diet
07 Oct 2017
4 Manfaat Buah Semangka yang Sayang Kamu Lewatkan
Lathiva Rosyida
Diet
02 Oct 2017
Diet Golongan Darah B Lebih Rumit, Ini Alasannya …
Dedi Irawan
Diet
28 Sep 2017
Ini Dia 7 Minuman Terbaik Untuk Penurun Berat Badan
Ayu Winarni Lanjani
Pengobatan
26 Sep 2017
Diet Teh Hijau? Cari Tahu Manfaat dan Langkah Tepat Melakukannya Di Sini!
Zainab Kubro
Konsul
LOADING ..