• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

7 Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif! (Ampuh)

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, makanan, dan kebersihan kulit. Namun ternyata pengobatan jerawat pada setiap jenis kulit berbeda-beda. Untuk itu, kenali cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif agar kamu tidak salah langkah.

Kulit sensitif terkadang membutuhkan perhatian yang lebih ekstra. Bisa jadi beberapa diantara kamu kesulitan memilih sabun muka untuk jerawat atau obat yang efektif dalam menangani jerawat. Bahkan tidak jarang, kesalahan memilih produk perawatan berujung pada kondisi jerawat yang semakin parah.

Mengapa Jerawat pada Kulit Sensitif Perlu Ditangani?

perawatan jerawat kulit sensitif

Kulit sensitif rentan terserang infeksi bakteri - dokterbabe

Meski jerawat bisa dianggap sebagai suatu kondisi yang normal karena akhirnya akan hilang dengan sendirinya. Namun ada kalanya jerawat bisa berubah menjadi kondisi yang membahayakan, terutama jika jerawat terpapar oleh kuman atau bakteri yang berasal dari debu.

Dalam hal ini, kamu perlu merawat kebersihan kulitmu. Tentu saja berbeda dengan seseorang yang berjenis kulit normal, kulit sensitifmu ini membutuhkan perawatan yang cukup panjang dan rumit.

Kamu juga perlu mempertimbangkan pemilihan produk dan obat dengan hati-hati. Agar tak salah memberikan tindakan, berikut tujuh cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif:

1. Gunakan Sabun Pembersih secara Rutin

menghilangkan jerawat pada kulit sensitif menggunakan sabun pembersih

Cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif dengan rutin cuci muka - dokterbabe

Kulit sensitif diartikan sebagai kulit yang kondisinya lebih mudah terserang gangguan penyakit. Untuk mencegahnya terinfeksi, kamu perlu disiplin dalam membersihkannya.

Hal ini dinilai wajib dilakukan meski aktivitasmu diisi dengan kegiatan di dalam rumah atau sering berolahraga di luar ruangan sekalipun. Frekuensi membersihkan kulit wajah yang direkomendasikan adalah dua kali sehari.

Cara pertama menghilangkan jerawat pada kulit sensitif adalah menggunakan sabun pembersih. Yang kamu perlu perhatikan adalah:

  • Hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung pewangi.
  • Jangan menggosok-gosok wajah dengan tangan saat sedang membersihkannya. Kamu bisa gunakan kain atau sarung tangan microfiber yang super halus.
  • Hindari mandi dengan sabun kecantikan, terutama yang mengandung bahan-bahan penghalus atau pemutih kulit.

2. Gunakan Pelembap Khusus Wajah Sensitif

menghilangkan jerawat pada kulit sensitif menggunakan pelembab khusus

Gunakan pelembab wajah khusus kulit sensitif - dokterbabe

Selain membersihkan dengan sabun wajah, wajah sensitifmu butuh pelembap. Penggunaan pelembap sangat efektif untuk melindung kulit sensitif dari kekeringan yang dapat menjadikannya terlihat kusam. Sebagian pelembap mengandung bahan-bahan aktif yang belum tentu cocok untuk kulitmu.

Maka dari itu, disarankan untuk menanyakan hal ini kepada dokter untuk menghindari alergi atau mengalami komplikasi. Yang pasti apapun pilihanmu, hindari yang mengandung bahan pewangi karena dikhawatirkan zat kimia pewangi justru akan menyebabkan kulitmu mengalami iritasi.

Baca Juga : 9 Bahan Efektif untuk Mengobati Jerawat Batu

3. Mengatur Pola Makan

menghilangkan jerawat kulit sensitif

Penelitian menunjukkan asupan gula berlebihan dapat meningkatkan risiko terbentuknya jerawat - dokterbabe

Sebelum memutuskan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan obat. Kamu bisa mengatur pola makan terlebih dahulu. Pada beberapa kasus kulit berjerawat, makanan dipercaya memberikan pengaruh yang signifikan.

Sebagian orang perlu membatasi konsumsi daging merah, produk susu dan olahannya, serta konsumsi cokelat. Penelitian menyebutkan bahwa mengurangi asupan gula pada tubuh memberikan peranan besar dalam memberantas jerawat, termasuk jerawat pada kulit sensitif.

Kamu dapat mengurangi konsumsi roti, pasta, dan nasi. Kamu bisa mulai meningkatkan konsumsi gandum, sayuran dan buah-buahan. Cukupi juga asupan air putih sekitar 8 gelas per hari.

4. Bersihkan Riasan Dengan Tepat

bersihkan riasan wajah untuk menghilangkan jerawat kulit sensitif

Bersihkan riasan wajah dengan tepat setiap hari - dokterbabe
 

Penggunaan riasan wajah atau make-up yang sembarangan mungkin memperparah kondisi jerawat pada kulit sensitif. Untuk itu, pilihlah produk make-up dengan bahan yang sesuai dan ringan untuk kulit kamu.

Hal terpenting yang harus kamu lakukan, selalu bersihkan wajah dengan cara yang benar dan sampai tuntas. Sebagai tambahan, coba menerapkan perawatan kulit berjerawat secara rutin di malam hari. Pahami juga ciri-ciri kulit sensitifmu dengan lebih baik.

Konsultasi Dokterbabe

"dok, kulit wajah saya cukup sensitif, jika terkena panas akan memerah dengan sendirinya dan membuat wajah gampang sekali kusam. gimana ya meringankan wajah sensitif?"

Jawaban Dokter

5. Gunakan Obat Bebas untuk Jerawat dengan Bijaksana

jangan gunakan obat-obatan bebas untuk menghilangkan jerawat pada kulit sensitif

Meski beberapa obat dipercaya ampuh dan aman untukmu, berhati-hatilah dalam menggunakannya - dokterbabe

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter yang didapatkan di apotek. Meski begitu, cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang ini perlu dilakukan secara berhati-hati.

Tanyakan kepada ahli farmasi mengenai kecocokan obat dengan kondisi kulitmu yang sensitif ini. Obat-obatan bebas yang dijual umumnya mengandung dua bahan utama. Obat yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat.

Benzoil peroksida

Zat kimia ini berfungsi secara khusus membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cara mengeringkan lapisan epidermis pada kulit wajah.

Obat-obatan yang dijual bisa mengandung zat benzoil peroksida yang berbeda-beda, misalnya ada yang mengandung 2,5 persen, 5 persen, dan 10 persen.

Jangan memilih secara sembarang, ya. Tanyakan kepada dokter atau ahli farmasi mengenai perbedaannya. Mengenai saran penggunaannya, dua kali sehari dinilai sudah cukup.

Asam salisilat

Zat asam salisilat berfungsi memperlambat hancurnya sel-sel pada folikel rambut. Jika penggunaan obat jerawat yang mengandung zat ini mengakibatkan kulitmu menjadi tidak nyaman, segera hentikan dan konsultasikan kondisinya kepada dokter.

Apa pun pilihan obatmu, selalu awali dengan membaca cara pakai pada label kemasan. Jangan melebihi saran pemakaian melebihi frekuensi yang disarankan.

6. Konsultasikan jika Ingin Menggunakan Obat Resep dari Dokter

konsultasikan kepada dokter untuk menghilangkan jerawat pada kulit sensitif

Konsultasikan masalah kulitmu pada dokter kulit guna mendapatkan perawatan yang tepat - dokterbabe

Waspadai jika obat-obatan bebas yang kamu gunakan ternyata memberikan efek samping  disertai dengan kondisi jerawat yang terlihat makin parah.

Dalam hal ini, terdapat kemungkinan bahwa infeksi sudah menyebar akibat bakteri yang telah makin tersebar. Segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Terdapat beberapa obat yang dokter biasa rekomendasikan untuk mengatasi jerawat yang lebih parah, yaitu:

Obat antibiotik

Kamu mungkin akan diberikan clindamycin atau erythromycin. Penggunaan obat antibiotik berisiko menjadikan seseorang menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Perhatikan juga untuk menghabiskan obat antibiotik sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Suntik hormon

Dokter juga bisa memberimu obat suntik cortisone. Meski begitu, obat ini lebih jarang digunakan sebagaimana hanya diperuntukkan jenis jerawat kista atau jerawat nodul.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Ini Bikin Kamu Makin Cantik

7. Sabar Menunggu Hasil Pengobatan Jerawat

tunggulah hasil pengobatan saat menghilangkan jerawat kulit sensitif

Saat menggunakan obat untuk penanganan jerawat, cobalah bersabar dalam menunggu hasilnya - dokterbabe

Saat kamu menggunakan obat untuk menghilangkan jerawat, kamu perlu sabar dalam menanti hasilnya. Pada umumnya, hasil perawatan jerawat dapat terlihat setelah 2-3 bulan. Hal terpenting adalah tetap konsisten menjalani langkah-langkah di atas dalam penanganan jerawat.

Sebagai perhatian, pengobatan dengan efek instan tidak selalu baik untuk dilakukan. Terlebih lagi jenis pengobatan yang keamanannya belum terjamin secara medis.

Cara-cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif perlu mendapatkan pengawasan dari dokter atau ahli dermatologi dikarenakan kondisi kulit yang rentan iritasi dan sulit cocok dengan jenis obat tertentu.

Jangan sampai langkah penanganan yang kamu tempuh justru menyebabkan kondisi jerawatmu menjadi lebih parah, tetap berhati-hati dan lakukan pengobatan dengan telaten!

Komentar
Artikel Terkait
Herba
31 Jan 2018
10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tsalis Annisa
Wajah
30 Jan 2018
10 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Kulitmu (ALAMI)
Vivi Hermin
Wajah
05 Jan 2018
7 Penyebab Wajah Merah yang Paling Sering Dialami!
Maya Ligina
Wajah
31 Dec 2017
Dahsyat, Cara Mengatasi Jerawat Ini Sudah Terbukti secara Ilmiah!
Dedi Irawan
Wajah
17 Dec 2017
Jerawat di Telinga Jangan Dipencet! Begini Cara Penangananya yang Aman!
Annisa Trimirasti
Wajah
09 Nov 2017
Perawatan Jerawat pada Kulit Sensitif yang Perlu Diperhatikan!
Annisa Trimirasti
Konsul
LOADING ..