• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

6 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh dan Mudah Dibuat!

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Tidak ada yang senang ketika sakit gigi menyerang. Kondisi ini berlangsung dengan gejala nyeri hebat yang berdenyut dan ngilu pada gigi atau gusi. Jika sudah parah, nyeri ini bisa berlangsung sepanjang hari, berulang-ulang dan disertai demam.

 

Siapapun yang mengalami gejala di atas pasti ingin segera mengobatinya. Pada beberapa kasus, nyeri yang berlangsung dapat hilang setelah mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat. Namun tak jarang, nyeri gigi muncul kembali setelah efek obat tersebut menurun. Untuk menguranginya kamu layak mencoba obat sakit gigi alami berikut:

1. Bawang Putih

obat sakit gigi alami bawang putih

Sifat antibakteri dari bawang putih dapat digunakan untuk menangani nyeri pada gigi - dokterbabe

Bawang putih dapat digunakan sebagai bahan obat sakit gigi yang alami karena dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus meredakan nyeri dan ngilu yang menyerang gigi atau gusimu.

Untuk menggunakannya sebagai obat, lembutkan bawang putih dan tambahkan sedikit garam hingga membentuk pasta. Kemudian tempelkan pasta bawang putih dengan bantuan kapas pada bagian gigi yang sakit.

2. Cengkeh

cengkeh obat untuk sakit gigi alami

Minyak cengkeh telah banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi - dokterbabe

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat berfungsi sebagai antiseptik alami. Minyak cengkeh banyak digunakan sebagai obat sakit gigi karena mampu mengurangi peradangan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit yang timbul.

Cukup oleskan minyak cengkeh pada area yang sakit dengan bantuan bola kapas. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

Baca Juga: Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Cerdas Mengatasinya

3. Kunyit

kunyit sebagai obat sakit gigi alami

Pasta kunyit dapat menjadi pilihan obat sakit gigi alami - dokterbabe

Selain untuk mengobati jerawat, kunyit dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan pada gigi. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki banyak khasiat seperti antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Yuk baca lagi manfaat kunyit bagi kesehatan.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Oleskan pasta yang terbentuk pada gigi yang bengkak setelah sebelumnya kamu menggosok dan membersihkan gigi. Diamkan pasta selama 15 sampai 20 menit.

Selain cara di atas, kamu bisa mencoba mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Lakukan proses berkumur ini pagi dan malam.

4. Daun Jambu Biji

daun jambu biji untuk obat sakit gigi alami

Obat kumur dari daun jambu biji dapat kamu gunakan untuk menangani nyeri gigi - dokterbabe

Daun jambu biji dikenal memiliki khasiat antiradang dan membantu menjaga kesehatan mulut. Sebagai obat sakit gigi yang tradisional, kunyah daun jambu biji segar atau didihkan daun jambu dan gunakan airnya sebagai obat kumur.

5. Daun Timi

daun timi sebagai obat sakit gigi alami

Minyak daun timi sebagai obat sakit gigi - dokterbabe

Selain daun jambu biji, daun timi juga memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengobati peradangan pada gigi. Oleskan beberapa tetes minyak daun timi dengan menggunakan bola kapas. Atau tambahkan beberapa tetes minyak daun timi ke dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur.

6. Rumput Gandum

rumput gandum untuk obat sakit gigi alami

Jus rumput gandum atau wheatgrass ternyata bermanfaat meredakan infeksi gigi - dokterbabe

Rumput gandum atau disebut juga wheatgrass dapat digunakan untuk mengurangi infeksi pada gigi dan menyembuhkan peradangan yang terjadi pada gusi. Kandungan klorofil yang tinggi menjadi alasan mengapa tanaman ini mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi gigi. Gunakan jus rumput gandum sebagai obat kumur pada pagi dan malam.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Memutihkan Gigi secara Alami di Rumah

Nah, itu dia obat sakit gigi alami yang bisa kamu coba di rumah. Setelah sakit gigimu mereda, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya ya. Coba segera tambal gigi berlubangmu juga untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
25 Mar 2018
Sebab Operasi Gigi Bungsu Dilakukan dan Tips Pemulihannya!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
25 Jan 2018
9 Obat Sakit Pinggang Alami yang Paling Ampuh (Herbal)
Arief Tirtana
Gigi
14 Nov 2017
Senyum Indah dengan Cara Membersihkan Karang Gigi Ini
Maya Ligina
Gigi
12 Mar 2018
Mau Cantik dengan Veneer Gigi? Baca Ini Dulu!
Kevin Jonathan
Gigi
05 Apr 2018
6 Cara Memutihkan Gigi secara Alami dan Tips Merawatnya!
Arief Tirtana
Pengobatan
25 Dec 2017
7 Cara Mengatasi Sakit Gigi, Nyeri Nyut-nyutan Reda!
Maya Ligina
Konsul
LOADING ..