• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Penyebab Susah Hamil: Dari Sisi Wanita maupun Pria

Diverifikasi oleh dr. Kevin

Semua pasangan tentu ingin memiliki momongan. Sayangnya, mengandung bukan sebuah peristiwa yang hadir sekehendak hati kita. Berbagai penyebab susah hamil seringkali membuat impian dari banyak pasangan harus tertunda.

Penyebab kehamilan tertunda sendiri tidak melulu berasal dari wanita. Pria pun harus sadar bahwa mereka bisa saja memiliki masalah sehingga kehadiran momongan mungkin sulit diwujudkan.

Kabar baiknya, 85 persen pasangan umumnya memiliki keturunan setelah setahun pernikahan mereka. Ini artinya, suami dan istri tidak boleh mengambil kesimpulan terburu-buru jika Si Kecil belum juga hadir.

Penyebab Susah Hamil Paling Umum pada Wanita

penyebab susah hamil pada wanita

Gangguan organ reproduksi dapat menjadi penyebab susah hamil pada wanita - dokterbabe

Ketika pasangan susah mendapatkan momongan, dari sisi perempuan beberapa hal di bawah ini mungkin menjadi penyebab susahnya mendapat kehamilan:

Gangguan Ovulasi

Masalah pada ovulasi terjadi ketika sel telur tidak matang di ovarium atau saat ovarium gagal melepaskan sel telur yang matang. Nama lain gangguan ini adalah ovarium prematur. Gangguan ini umumnya terjadi pada mereka yang mengalami masalah kesuburan.

Endometriosis

Perempuan yang susah hamil bisa juga karena mengidap endometriosis. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang seharusnya berada di dalam lapiran rahim (jaringan endometrium), justru tumbuh di luar rahim. Wilayah yang sering jadi tempat tumbuhnya jaringan ini adalah perut atau panggul.

Konsultasi DokterBabe:

"Sore Dok, saya ingin bertanya terkait keadaan istri saya. Diawal kamu menunda memiliki momongan dengan mengikuti metode safety sex ditahun pertama. Namun ketika sudah tidak menunda, mengapa belum diberikan ya Dok? Apa perlu saya konsultasikan ke Rumah Sakit?"

Jawaban Dokter

Kualitas Sel Telur yang Tidak Baik

Makin tua seseorang, makin menurun kualitas sel telurnya. Buruknya sel telur sendiri umumnya akan kian menurun secara signifikan pada wanita berusia 35 tahun ke atas.

Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS adalah salah satu penyebab susahnya seorang wanita hamil. Sindrom ini terjadi ketika folikel kecil pada ovarium tidak berkembang menjadi folikel dewasa yang siap melepaskan sel telur. Kondisi ini umumnya terkait dengan ketidakseimbangan hormon dan pola ovulasi yang sulit diprediksi.

Tuba yang Bermasalah

Sulit hamil mungkin juga disebabkan oleh kondisi tuba yang bermasalah. Jika saluran ini tertutup atau mengalami kerusakan, sperma tidak bisa sampai menuju sel telur untuk membuahi. Jika pun terjadi pembuahan, saluran tuba yang bermasalah akan menghambat sel telur yang telah dibuahi menuju rahim.

Penyebab Susah Hamil yang Datang dari Pria

penyebab susah hamil pada pria

Jumlah sperma yang sedikit dapat menjadi penyebab susah hamil pada pria - dokterbabe

Faktor yang menyebabkan kehamilan susah terjadi mungkin juga datang dari kaum Adam. Beberapa masalah tersebut bisa berupa:

Jumlah Sperma yang Sedikit

Jumlah sperma yang sedikit juga bisa menjadi penyebab kenapa anda belum dikaruniai momongan. Selain usia, kondisi kesehatan yang buruk atau konsumsi obat-obat tertentu bisa jadi penyebabnya. Bahkan, menggunakan pakaian yang terlalu ketat juga bisa membuat jumlah dan kualitas sperma menurun.

Kelebihan Berat Badan

Susah mendapatkan momongan akibat kelebihan berat badan umum terjadi. Pada pria, gemuk berlebihan bisa meningkatkan kadar estrogen sehingga menurunkan jumlah sperma.

Wanita juga bisa mengalami faktor satu ini. Wanita yang terlalu gemuk kemungkinan akan mengalami resistensi insulin dan kadar testosteron yang meningkat sehingga bisa mengganggu terjadinya ovulasi.

Baca Juga: Apakah Sperma Encer Berhubungan dengan Masalah Kesuburan?

Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Pria yang minum alkohol berlebihan kemungkinan besar akan terganggu hormon di tubuhnya. Selain itu, produksi sperma juga akan terhambat akibat alkohol berlebihan dalam tubuh. Sementara pada wanita, alkohol terlalu banyak bisa mempengaruhi kesuburan.

Kebiasaan Merokok

Aktif mengisap rokok kemungkinan akan membuat DNA sperma mengalami kerusakan. Pada wanita, rokok juga bisa merusak sel telur dan menimbulkan masalah pada ovulasi. Anda yang ingin segera mendapat momongan, sebaiknya segera berpikir untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Berhenti Merokok

Karena penyebab susah hamil bisa datang dari pria dan wanita, penting untuk tidak saling menyalahkan atas tertundanya kehadiran momongan. Daripada saling curiga, sebaiknya  pasangan segera berkunjung ke dokter guna menjalani pemeriksaan dan mendeteksi akar masalahnya.

 

Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Kandungan
30 Dec 2017
Susah Tidur Saat Hamil? Pakai 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!
Asa Citra
Gangguan Kesehatan
16 Aug 2017
Susah Buang Air Kecil? Kenali Gejala dan Penyebabnya
Rini
Kesehatan Ibu
24 Jun 2018
Atasi Susah BAB saat Hamil 6 Cara Aman Ini!
emirsyariza
Kesehatan Bayi
27 Apr 2018
Bunda, Jangan Salah Menangani Bayi Susah BAB
Maya Ligina
Pasangan
23 Mar 2018
9 Bagian Sensitif Wanita yang Harus Pria Ketahui!
Vivi Hermin
Dewasa
27 Oct 2017
Mimpi Basah dan 5 Fakta Menarik yang Belum Kamu Ketahui
Tsalis Annisa
Konsul
LOADING ..