• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

3 Faktor Pendukung Pola Hidup Sehat yang Perlu Kamu Jalani

Diverifikasi oleh dr. Bayu

Menjalani pola hidup sehat sewajarnya didukung oleh tiga poin utama, yaitu makanan yang bergizi, olahraga secara rutin, dan mengelola stres. Ketiga faktor tersebut pada akhirnya akan membentuk kestabilan emosional pada dirimu.

Kunci dari pola hidup sehat adalah melakukan apa yang kamu sukai, tapi tanpa berlebihan. Pada awalnya mungkin menyenangkan, tapi pada akhirnya sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak negatif.

  • Menikmati makanan kesukaan, tapi jika berlebihan akan muntah
  • Bekerja keras di kantor, tapi jika berlebihan akan stres
  • Berolahraga menguji ketahanan diri, tapi jika berlebihan akan terserang penyakit

Manfaat dari mengutamakan pola hidup sehat pun baru bisa dirasakan setelah menjalaninya dalam jangka panjang. Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Apa saja yang menjadi bagian dari menjalani pola hidup sehat?

pola hidup sehat dokterbabe

Pola hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, hingga rutin olahraga - dokterbabe

Pola Hidup Sehat Pertama: Makanan yang Bergizi

Makanan adalah jiwamu. Jika makananmu didominasi oleh fast food, gorengan, atau daging berlemak tiap hari, maka tubuhmu akan rentan gangguan kesehatan. Sebaliknya, jika kamu mengutamakan makanan yang menyeimbangkan nutrisi dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan kacang-kacangan, maka tubuh menjadi sehat, berenergi, dan bersemangat tinggi.

Tidak ada salahnya untuk membuat perencanaan menu untuk seminggu. Dengan begitu, kamu bisa menyeimbangkan pembagian nutrisi pada tiap harinya. Berbelanja untuk kebutuhan harian pun sebaiknya dilakukan secara sekaligus. Kecuali sayur-sayuran dan buah-buahan karena kamu akan membutuhkannya dalam keadaan segar. Sekitar 3-4 hari sekali adalah waktu yang ideal untuk membeli buah atau sayur.

Dengan adanya persediaan makanan segar di rumah, kamu jadi bisa memasak sendiri tiap kali makan sehingga kamu bisa menghindari membeli makanan siap saji yang tidak menyehatkan di luar rumah. Buatlah daftar menu yang kamu sudah perhitungkan kelengkapan nutrisi dan kemudahan dalam mendapatkannya, seperti persiapkan menu yang sudah mengandung gandum utuh, sayur, buah, produk olahan susu, kacang, dan lemak yang baik.

Baca Juga : 4 Manfaat Tidur Siang untuk Jiwa dan Ragamu

pola hidup sehat dengan aktivitas rutin

Menikmati aktivitas yang dijalani setiap hari juga dapat membuat kamu lebih sehat - dokterbabe

Pola Hidup Sehat Kedua: Menikmati Aktivitas yang Kamu Jalani Tiap Hari

Apa pun yang kamu lakukan sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari secara profesional sewajarnya adalah sesuatu yang kamu sukai dan kamu bisa selesaikan dengan senang hati.

Meski begitu, banyak yang berpendapat bahwa memiliki pekerjaan impian hanyalah mimpi di siang bolong. Benarkah begitu? Tidak selalu benar karena nyatanya kamu bisa membentuk pekerjaan impianmu sendiri dengan mudah.

  • Pilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Cari tahu lebih banyak tentang pekerjaan yang kamu inginkan dan tentukan pilihanmu sesuai dengan yang kamu senangi.
  • Dedikasikan waktu bekerja yang disepakati sepenuhnya. Meski begitu, jangan sepelekan waktu istirahatmu juga. Isilah waktu istirahat dengan makan siang yang bergizi. Tidak ada salahnya untuk jalan-jalan sejenak atau berbincang dengan teman-teman di warung kopi untuk bersantai sejenak.
  • Jangan lupakan hobimu. Lakukanlah yang kamu senangi tiap minggu. Mendaki, berlibur ke pegunungan, berenang, atau hanya sekadar jalan-jalan di daerah wisata dalam kota disarankan menjadi kewajiban di akhir pekan. Relaksasi semacam ini lebih bermanfaat jika kamu bisa lakukan bersama keluarga atau pasangan.

pola hidup sehat dengan rutin berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin bisa membantumu menjaga kesehatan - dokterbabe

Pola Hidup Sehat Ketiga: Olahraga secara Rutin

Sama halnya dengan memilih pekerjaan, berolahraga seharusnya menjadi sesuatu yang kamu bisa nikmati tiap kali menjalaninya. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memilih olahraga yang ternyata terlalu berat untuk kesanggupan fisikmu. Hanya karena olahraga itu sedang populer, kamu tidak perlu mengikutinya, bukan?

Baca Juga : 3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Hanya sekadar jogging atau lari pagi ringan mengelilingi area perumahanmu sudah cukup untuk menyegarkan fisik dan pikiranmu. Jika kamu menyukai olahraga renang atau bersepeda, lakukanlah. Olahraga di gym juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin lebih fokus dalam membangun kekuatan fisik.

Menjalani pola hidup sehat selayaknya dibarengi dengan aktivitas yang memberikan kebahagiaan, kepuasan, dan kesehatan. Selama tiga faktor ini mengisi kehidupanmu, bersiap-siaplah untuk menjadi kuat dan sehat sampai tua. Selamat memulai, ya!

Komentar
Artikel Terkait
Herba
11 Nov 2017
Anti Lapar dengan Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan
Dewangga
Herba
03 Aug 2017
5 Cara Diet Alami dan Sehat Ini Bikin Badan Kamu Langsing
Tsalis Annisa
Kebugaran
15 Dec 2017
Bebas Stres dengan Manfaat Liburan Bagi Kesehatan!
Annisa Trimirasti
Psikologi
08 Dec 2017
Emosimu Tidak Terkontrol? Bisa jadi Ciri-ciri Depresi Berat!
Maya Ligina
Psikologi
24 Nov 2017
Mood Sering Naik Turun? Hati-hati Gangguan Bipolar!
Annisa Trimirasti
Psikologi
12 Nov 2017
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
Dewasa
27 Oct 2017
Mimpi Basah dan 5 Fakta yang Belum Kamu Ketahui
Tsalis Annisa
Psikologi
17 Oct 2017
Penyembuhan Serangan Panik: Lebih Efektif Obat atau Psikoterapi?
Dedi Irawan
Konsul
LOADING ..