• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Sakit Perut Sebelah Kanan: Sakit Usus Buntu Atau Ginjal?

Diverifikasi oleh dr. Graciela

Sakit perut sebelah kanan dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Bagian ini menjadi tempat berbagai organ tubuh berada. Keluhan terkenal sebagai gejala usus buntu, tapi bisa juga menandakan penyakit ginjal!

Keluhan sakit perut kanan cukup banyak dialami dan biasanya hanya berefek sementara. Sakit juga bisa hilang sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Namun, keluhan yang terus muncul dan parah dapat menjadi gejala penyakit serius.

Sakit Perut Sebelah Kanan Akibat Usus Buntu

sakit perut sebelah kanan

Sakit menusuk pada perut bawah sebelah kanan merupakan gejala penyakit usus buntu yang paling banyak dikenal orang  - dokterbabe

Usus buntu dapat mengalami peradangan yang dikenal sebagai apendisitis. Gejala umum yang paling banyak diketahui orang adalah keluhan nyeri menusuk di perut bawah sebelah kanan. Rasa sakit ini dapat menjadi keluhan pertama.

Namun, tidak semua orang dengan apendisitis mengalami sakit perut sisi kanan. Kamu dapat mengenali penyakit ini bila keluhan datang bersama gejala lain yaitu mual, muntah, demam, diare atau konstipasi, dan ditemukan pembengkakan di perut.

Terkadang rasa sakit tidak hanya dirasakan di satu bagian perut, namun juga di punggung. Pada kasus akut penderita perlu segera mendapatkan penanganan dokter. Sebab, konsumsi obat sembarangan seperti laksatif atau obat pencahar justru hanya memperparah sakit.

Penanganan segera terutama operasi untuk mengangkat usus buntu biasanya dilakukan. Karena apabila tidak segera diobati, usus buntu yang radang dapat pecah dan menyebarkan bahan penyebab infeksi di rongga perut.

Baca Juga : Kenali Gejala Usus Buntu Sejak Dini

Sakit Perut Sebelah Kanan Akibat Penyakit Ginjal

sakit perut sebelah kanan akibat ginjal

Masalah pada ginjal sebelah kanan, seperti infeksi hingga batu ginjal, mungkin menyebabkan perut sebelah kanan dan punggung terasa nyeri - dokterbabe

Ginjal terletak di belakang abdomen, tepatnya di bawah rusuk pada kedua sisi abdomen. Keluhan yang dirasakan pada sisi samping tubuh mungkin berasal dari masalah yang ada pada ginjal.

Jika hanya satu ginjal yang bermasalah, mungkin sekali hanya satu sisi yang terasa sakit. Salah satu penyakit yang banyak terjadi yaitu infeksi ginjal. Penyakit ini dapat muncul akibat infeksi bakteri pada kandung kemih, ureter, atau uretra.

Meskipun ginjal ada di bagian sisi kanan dan kiri abdomen, namun rasa sakit biasanya juga muncul di punggung, samping tubuh, atau paha. Gejala lainnya yaitu demam, mual, muntah, sering buang air kecil disertai nyeri atau sensasi terbakar.

Selain infeksi, kemungkinan lainnya adalah batu ginjal. Penumpukan mineral atau garam di dalam ginjal dapat mengeras dan membentuk batu ginjal. Saat batu tersebut mulai bergerak, kamu akan merasakan sakit perut sebelah kanan atau kiri.

Intensitas dan lokasi keluhan yang muncul mungkin akan berubah karena batu ginjal akan terus bergerak sepanjang saluran urinasi.

Penyebab Lain yang Mungkin

penyebab lain sakit perut sebelah kanan

Waspadai juga penyakit lain, misalnya inguinal hernia, kista ovarium, atau preadangan pervis, yang juga memiliki gejala sakit perut bawah bagian kanan - dokterbabe

Selain usus buntu dan masalah ginjal, sakit perut sebelah kanan mungkin mengindikasikan penyakit lain. Ada banyak sekali penyakit dengan gejala tidak spesifik ini. Keluhan dapat berupa sakit ringan mengganggu hingga sakit menyiksa.

Beberapa penyebab lainnya yaitu adanya gas di saluran pencernaan, hernia, dispepsia, Irritable bowel syndrome (IBS), kram menstruasi, kista ovarium, peradangan pada pelvis, dan inguinal hernia.

Kamu perlu melakukan pemeriksaan mendalam jika sakit perut sebelah belakang terus berlanjut. Dokter akan menggali gejala apa saja yang kamu rasakan.

Sakit perut sebelah kanan paling sering dihubungkan dengan penyakit usus buntu dan penyakit ginjal. Namun, sebenarnya keluhan ini dapat menjadi gejala beragam jenis penyakit lain.

Baca Juga : Kenali 5 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Berikut

Keluhan tidak spesifik membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Oleh karena itu, jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan yang semakin parah dan disertai gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
28 Jan 2018
Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Waspadai 9 Penyakit Ini!
Annisa Trimirasti
Organ Reproduksi
28 Jan 2018
5 Penyebab PMS yang Perlu Dipahami oleh Tiap Wanita
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
01 Dec 2017
Cara Menghilangkan Sakit Perut dengan 4 Minuman Nikmat
Maya Ligina
Diet
01 Sep 2017
Pelajari Diet Food Combining di Sini Dulu Sebelum Ikutan
Veronica
Remaja
21 Jul 2017
Anak Menstruasi Pertama? Ini 5 Hal yang Perlu dilakukan
Arief Tirtana
Gangguan Kesehatan
14 Feb 2018
Kenali 10 Gejala Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
12 Feb 2018
8 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Perlu Diwaspadai!
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
11 Feb 2018
4 Gangguan Kesehatan Jika Kamu Menjadi Perokok Pasif!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
10 Feb 2018
10 Hal Penanda Kamu Kekurangan Gula Darah!
Annisa Trimirasti
Gangguan Kesehatan
09 Feb 2018
Penyebab Penyakit Jantung dan Jenisnya yang Perlu Dicatat!
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
08 Feb 2018
Pahami 5 Perbedaan Diabetes Melitus Tipe-1 dan Tipe-2 Ini
Maya Ligina
Konsul
LOADING ..