• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Sakit Perut Sebelah Kanan: Pahami Beda 8 Penyebabnya!

Diverifikasi oleh dr. Graciela

Sakit perut sebelah kanan dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Bagian ini menjadi tempat berbagai organ tubuh berada. Keluhan terkenal sebagai gejala usus buntu, tapi bisa juga menandakan penyakit ginjal!

Keluhan sakit perut kanan cukup banyak dialami dan biasanya hanya berefek sementara. Sakit juga bisa hilang sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Namun, keluhan yang terus muncul dan parah dapat menjadi gejala penyakit serius.

Sakit Perut Sebelah Kanan Akibat Usus Buntu

sakit perut sebelah kanan

Sakit menusuk pada perut bawah sebelah kanan merupakan gejala penyakit usus buntu yang paling banyak dikenal orang  - dokterbabe

Usus buntu dapat mengalami peradangan yang dikenal sebagai apendisitis. Gejala umum yang paling banyak diketahui orang adalah keluhan nyeri menusuk di perut bawah sebelah kanan. Rasa sakit ini dapat menjadi keluhan pertama.

Namun, tidak semua orang dengan apendisitis mengalami sakit perut sisi kanan. Kamu dapat mengenali penyakit ini bila keluhan datang bersama gejala lain yaitu mual, muntah, demam, diare atau konstipasi, dan ditemukan pembengkakan di perut.

Terkadang rasa sakit tidak hanya dirasakan di satu bagian perut, namun juga di punggung. Pada kasus akut penderita perlu segera mendapatkan penanganan dokter. Sebab, konsumsi obat sembarangan seperti laksatif atau obat pencahar justru hanya memperparah sakit.

Penanganan segera terutama operasi untuk mengangkat usus buntu biasanya dilakukan. Karena apabila tidak segera diobati, usus buntu yang radang dapat pecah dan menyebarkan bahan penyebab infeksi di rongga perut.

Baca Juga : Kenali Gejala Usus Buntu Sejak Dini

Sakit Perut Sebelah Kanan Akibat Penyakit Ginjal

sakit perut sebelah kanan akibat ginjal

Masalah pada ginjal sebelah kanan, seperti infeksi hingga batu ginjal, mungkin menyebabkan perut sebelah kanan dan punggung terasa nyeri - dokterbabe

Ginjal terletak di belakang abdomen, tepatnya di bawah rusuk pada kedua sisi abdomen. Keluhan yang dirasakan pada sisi samping tubuh mungkin berasal dari masalah yang ada pada ginjal.

Jika hanya satu ginjal yang bermasalah, mungkin sekali hanya satu sisi yang terasa sakit. Salah satu penyakit yang banyak terjadi yaitu infeksi ginjal. Penyakit ini dapat muncul akibat infeksi bakteri pada kandung kemih, ureter, atau uretra.

Meskipun ginjal ada di bagian sisi kanan dan kiri abdomen, namun rasa sakit biasanya juga muncul di punggung, samping tubuh, atau paha. Gejala lainnya yaitu demam, mual, muntah, sering buang air kecil disertai nyeri atau sensasi terbakar.

Selain infeksi, kemungkinan lainnya adalah batu ginjal. Penumpukan mineral atau garam di dalam ginjal dapat mengeras dan membentuk batu ginjal. Saat batu tersebut mulai bergerak, kamu akan merasakan sakit perut sebelah kanan atau kiri.

Intensitas dan lokasi keluhan yang muncul mungkin akan berubah karena batu ginjal akan terus bergerak sepanjang saluran urinasi.

Penyebab Lain Pemicu Sakit Perut Sebelah Kanan

penyebab lain sakit perut sebelah kanan

Waspadai juga penyakit lain, misalnya hernia inguinalis, kista ovarium, atau peradangan rongga panggul, yang juga memiliki gejala sakit perut bawah bagian kanan - dokterbabe

Selain usus buntu dan masalah ginjal, sakit perut sebelah kanan mungkin mengindikasikan penyakit lain. Ada banyak sekali penyakit dengan gejala tidak spesifik ini. Keluhan dapat berupa sakit ringan mengganggu hingga sakit menyiksa.

Berikut penyebab lain yang dapat memicu sakit perut bagian kanan yang kamu rasakan:

1. Hernia

Jenis hernia yang sering kali terjadi adalah hernia inguinalis. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala nyeri pada perut bagian kanan. Nyeri tersebut timbul akibat adanya usus yang terdorong dan bahkan terjepit melewati otot dinding dasar panggul. Hal ini dapat terjadi pada sisi kanan maupun sisi kiri.

Hernia inguinalis lebih banyak terjadi pada pria. Selain faktor genetik, obesitas, penderita sembelit kronis atau batuk kronis juga lebih berisiko mengalami penyakit ini.

Untuk lebih berhati-hati, kenalilah beberapa gejala hernia berikut ini:

  • Benjolan yang muncul pada area lipat paha. Dapat nampak lebih jelas pada saat berdiri ataupun batuk.
  • Nyeri terasa ketika batuk, membungkuk, atau berolahraga.
  • Rasa sakit atau terbakar pada benjolan tersebut.
  • Selangkangan terasa berat atau tertekan.
  • Pada pria, dapat muncul juga pembengkakan skrotum.

2. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Gangguan pada usus besar ini mungkin juga menjadi penyebab sakit perut bagian kanan yang menimpamu. Coba amati apakah kamu mengalami perut kembung, perut terasa penuh gas, kram, diare atau sembelit, serta tinja yang mengandung lendir.

Jika ya, mungkin saja sakit perut sebelah kanan yang kamu alami sebenarnya terjadi karena penyakit ini. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Selain gangguan usus besar, nyeri perut bagian kanan dapat juga disebabkan oleh terjadinya IBD. Pada beberapa kasus, peradangan karena IBD yang menimpa penderita akan sangat menyakitkan, mengganggu, hingga mengancam jiwa.

Penyakit ini bisa menyerang jaringan usus dan pada kondisi yang parah dapat meningkatkan risiko kanker usus serta rektum. Amati beberapa gejala lain berikut ini agar kamu lebih waspada:

  • Mengalami diare parah
  • Merasa mudah lelah
  • Terjadi penurunan berat badan
  • Ditemukan darah dalam tinja
  • Penurunan nafsu makan
  • Nyeri perut disertai dengan kram dan perut kembung
  • Mungkin menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah (anemia)

4. Gangguan pada saluran cerna

Gangguan saluran cerna seperti dispepsia dapat menjadi penyebab nyeri perut bagian kanan. Selain itu, adanya gas yang berlebihan dalam saluran cerna juga mungkin menyebabkan perutmu terasa nyeri.

Gangguan ini dapat terjadi karena kamu mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, terlalu banyak makan atau mengunyah permen karet, dan memiliki kebiasan merokok.

Normalnya, kamu bisa membuang gas melalui kentut dan sendawa hampir sekitar 20 kali per hari. Namun, terbentuknya gas yang berlebihan dapat saja terjadi akibat gangguan lain seperti pada penderita intoleransi laktosa.

5. Dismenore

Pada wanita, sakit perut bagian kanan juga bisa disebabkan oleh dismenore. Kram perut ini terjadi beberapa saat sebelum menstruasi dimulai, hingga saat menstruasi berlangsung. Nyeri yang kamu rasakan berasal dari otot dinding rahim yang berkontraksi dan peluruhan saat haid. Gejala lainnya yang mungkin kamu alami adalah mual dan sakit kepala.

6. Gangguan pada organ reproduksi

Selain kondisi di atas, nyeri perut bagian kanan juga dapat disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi. Penyakit seperti endometriosis, kista pada ovarium, kehamilan ektopik, ovarium atau testis yang terpuntir adalah sederet contohnya.

Untuk memastikan bahwa kamu tidak menderita berbagai kondisi tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar kamu mendapat penanganan yang tepat sesegera mungkin.

Agar mengetahui penyebab sakit perut sebelah kanan dengan pasti, kamu perlu melakukan pemeriksaan mendalam jika sakit ini terus berlanjut. Dokter akan menggali gejala apa saja yang kamu rasakan.

Baca Juga : Kenali 5 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Berikut

Sakit perut sebelah kanan paling sering dihubungkan dengan penyakit usus buntu dan penyakit ginjal. Namun, sebenarnya keluhan ini dapat menjadi gejala beragam jenis penyakit lain.

Keluhan tidak spesifik membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Oleh karena itu, jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan yang semakin parah dan disertai gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
21 Feb 2018
Sakit Punggung Sebelah Kanan? Cek Penyebabnya di Sini!
Dedi Irawan
Pengobatan
06 Jan 2018
Sebelum Menangani, Kenali Dulu Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
20 Apr 2018
Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Waspadai 16 Penyakit Ini!
Annisa Trimirasti
Anak-anak
24 Oct 2017
Gejala Sakit Kepala Sebelah pada Anak dan Cara Mencegahnya
Maya Ligina
Gangguan Kesehatan
23 Dec 2017
Tak Hanya Pegal, Kenali Ragam Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Ini
Dedi Irawan
Gangguan Kesehatan
13 Apr 2018
Sakit Kepala Sebelah Kiri, Penyebab Hingga Cara Mengobati!
Annisa Trimirasti
Konsul
LOADING ..