• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Tanda-tanda Kehamilan Berikut Mungkin Sedang Kamu Alami

Diverifikasi oleh dr. Graciela

Tiap wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda.  Begitu juga bagi mereka yang pernah hamil, bisa mengalami indikasi yang berbeda pada kehamilan berikutnya.

Bagi wanita yang sedang menanti-nantikan momongan, mencari tahu tanda-tanda kehamilan bisa terasa sulit. Pada dasarnya, tidak mengalami menstruasi bisa menjadi patokan yang tepat sebagai penanda seorang wanita telah mengandung. Namun nyatanya, gejala awal kehamilan bisa serupa dengan gejala sebelum atau saat sedang menstruasi sehingga menjadikannya sulit dibedakan.

Sekitar 9 dari 10 wanita baru menyadari bahwa dirinya sedang hamil setelah janin berusia 8 minggu. Sebagian lainnya, 6 dari 10 wanita baru menyadari bahwa dirinya sedang hamil setelah janin berusia 6 minggu.

Apa Saja Tanda-tanda Kehamilan yang Umumnya Muncul?

tanda-tanda kehamilan yang sering muncul

Morning sickness menjadi tanda kehamilan pada sebagian besar wanita di awal kehamilan - dokterbabe

Wanita yang hamil umumnya akan mengalami setidaknya 8 tanda kehamilan. Beberapa di antaranya mungkin sedang kamu alami juga.

Sering mual dan kadang-kadang disertai muntah

Lebih dikenal dengan sebutan morning sickness, rasa mual ini adalah tanda kehamilan yang dialami sebagian besar wanita di awal masa kehamilan. Mual disertai muntah ini disebabkan oleh tingginya hormon-hormon kehamilan.

Kemampuan indera penciuman ibu hamil juga mengalami peningkatan drastis. Aroma apa pun, seperti asap rokok, bau badan suami, aroma makanan yang tidak disukai, akan terasa berkali-kali lipat hingga membuat bumil muntah.

Payudara yang membesar disertai nyeri

Volume payudaramu akan bertambah dan jelas terlihat lebih besar dari biasanya. Kondisi ini diakibatkan oleh perubahan hormon tubuh dalam persiapan menampung ASI. Perubahan ini mulai terlihat pada 2 minggu kehamilan.

Perubahan mood dengan cepat

Kamu akan mengalami perubahan emosi yang terjadi secara mendadak dan acak. Hal-hal yang sebelumnya terasa sepele, sekarang akan terlihat sebagai sesuatu yang membutuhkan perhatian lebih banyak. Sayangnya, perubahan suasana hati ini lebih sering menjadikanmu lebih tegang.

Nafsu makan melonjak

Masa-masa awal kehamilan adalah momen ketika perubahan hormon sedang memuncak. Salah satu dampak dari kondisi berupa peningkatan nafsu makan. Kamu mungkin akan merasa sangat lapar dan rasanya bisa menghabiskan semua makanan yang kamu lihat. Setidaknya kamu akan ngidam makanan kesukaanmu.

Merasakan lelah berlebihan

Pada masa-masa awal kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat. Di masa ini, kamu membutuhkan asupan makanan bernutrisi tinggi untuk menyeimbangkan staminamu.

Serangan kram perut dan perdarahan ringan

Tanda-tanda kehamilan lain yang kamu bisa alami adalah keluarnya bercak darah dari vagina. Perdarahan kecil yang biasa disertai dengan kram ini terjadi pada 10-14 hari setelah proses pembuahan. Inilah kenapa banyak wanita yang sulit membedakan antara terjadinya menstruasi dengan perdarahan sebagai tanda kehamilan.

Sering merasa sakit kepala dan lemas

Kamu cenderung sering sakit kepala akibat dilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Tetapi, kamu juga lebih berisiko mengalami penurunan tekanan darah sehingga menjadikanmu lemas.

Waspada dengan konstipasi

Kamu lebih rentan mengalami konstipasi akibat tingginya hormon progesteron yang menjadikan tubuhmu lebih jarang buang air besar.

Banyak wanita yang sebenarnya masih meragukan kondisinya sendiri sehubungan dengan kehamilan. Firasat hamil akan menguat setelah mengalami beberapa indikasi dari tanda-tanda kehamilan pada umumnya. Lebih seringnya, firasat semacam ini tepat.

Namun bagi yang menginginkan pembuktian lebih akurat, kamu bisa memakai test pack dan pemeriksaan USG. Gunakan test pack pada 1-2 hari setelah kamu melewatkan jadwal menstruasi agar hasilnya lebih jitu.

Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Kandungan
27 Oct 2017
Sesak Napas Saat Hamil, Apakah Normal?
Maya Ligina
Dewasa
28 Sep 2017
Penyebab Susah Hamil: Dari Sisi Wanita maupun Pria
Dedi Irawan
Olahraga Kehamilan
19 Sep 2017
4 Senam Hamil 1 Bulan dan Panduan Aman untuk Bunda
Asa Citra
Kesehatan Ibu
19 Sep 2017
Ini Syarat agar Hamil Setelah Operasi Caesar Tetap Aman
Dedi Irawan
Organ Reproduksi
17 Sep 2017
Sperma Sehat Susah Didapat? Mungkin Usaha Berikut Lupa Diterapkan
Dedi Irawan
Diet Ibu Hamil
08 Aug 2017
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
Konsul
LOADING ..